Wujudkan Smart City Melalui Web Desa

Jumat, 30 November 2018

Guna mewujudkan smart city, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung terus melakukan inovasi, khususnya dalam bidang Information and Communication Technologies (ICT), salah satunya melalui website desa.

“Melalui web desa ini, masyarakat bisa mengelola dan mengembangkan potensi yang dimiliki desa masing-masing. Web desa ini juga merupakan salah satu upaya pemkab dalam mewujudkan smart city di Kabupaten Bandung,” ungkap Kepala Diskominfo Ir. Atih Wiratih M, Si seusai menghadiri acara Sabilulungan Festival Teknologi Informasi dan Komunikasi (Safetik) di Gedong Budaya Sabilulungan Soreang, Senin (26/11/2018).

Dirinya menambahkan, semua web desa di Kabupaten Bandung telah terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). “Sebanyak 270 desa dan 10 kelurahan di Kabupaten Bandung telah kami fasilitasi untuk membuat web, dan semuanya sudah terdaftar di Kemenkominfo,” jelas Atih.

Web desa tersebut, lanjut Kadiskominfo memiliki dua fungsi yakni, sebagai keterbukaan informasi dan pelayanan publik.

“SID (Sistem Informasi Desa) mempunyai dua fungsi, yakni keterbukaan informasi publik dimana semua orang dapat melihat berapa besar dana yang didapatkan oleh desa serta kemana saja alokasi dana tersebut. Selain itu, SID ini bisa dijadikan sebagai pusat pelayanan bagi masyarakat setempat,” tambahnya.

Ia juga berharap, warga bisa memanfaatkan SID dengan maksimal mungkin salah satunya untuk mempromosikan potensi yang ada di wilayahnya. “Kami sangat berharap SID ini dapat dipakai untuk mempromosikan desa, karena ketika mereka mengupload seluruh dunia bisa membacanya,” imbuhnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Bupati Bandung H. Dadang M Naser, SH., S.Ip., Mip berpendapat pembangunan smart village di Kabupaten Bandung ikut mendorong percepatan terealisasinya Bandung 1000 kampung.

“Ini merupakan kreativitas dari Diskominfo untuk terus meningkatkan kapasitas masyarakat Kabupaten Bandung terkait smart village. Hal ini juga mendorong percepatan pembangunan Bandung 1000 kampung dari sisi IT,” jelas Bupati Bandung.

Dirinya mengimbau seluruh Perangkat Daerah (PD) Kabupaten Bandung untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam mengimplementasikan inovasi yang sudah diciptakan. “berbagai macam inovasi sudah diciptakan oleh perangkat daerah, tinggal kolaborasinya saja,” imbaunya.

Ia juga menekankan, masyarakat Kabupaten Bandung harus cerdas menggunakan IT. “Strategi untuk membangun smart city dalah menciptakan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas. Smart city atau smart village akan tercipta jika terdapat smart people yang cerdas dalam menggunakan teknologi,” pungkasnya.


Sumber : Humas Pemkab Bandung

BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
Dengan diterbitkannya Peraturan Menteri