POTENSI UMKM KECAMATAN CIPARAY

Kamis, 18 Oktober 2018

Bukan hal yang asing di telinga bahwa sektor usaha mikro kecil menengah ( UMKM) merupakan salah satu motor penggerak perekonomian Indonesia dan menjadi fokus pemerintahan.

Jumlah pelaku UMKM di Indonesia dilaporkan mencapai 49 juta dan diprediksi menyerap lebih dari 107 juta tenaga kerja. Kontribusi sektor UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) pun semakin meningkat dalam lima tahun terakhir di mana Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah mencatat lonjakan dari 57,84 persen menjadi 60,34 persen di tahun 2016.

Di antara UMKM, industri ekonomi kreatif juga tercatat berkembang positif dengan pertumbuhan 5,6 persen antara 2010-2013. Industri ini menyumbang 7,1 persen terhadap PDB dan berhasil menyerap sekitar 12 juta tenaga kerja, menjadikannya salah satu ranah andalan untuk mendorong peningkatan pendapatan masyarakat serta berperan strategis dalam memerangi pengangguran dan kemiskinan

Potensi UMKM yang ada di wilayah Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung Khususnya banyak berpotensi dan menghasilkan kreasi kreatif yang menunjang perekonomian warga masyarakat sekitar wiayah Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung yang diantaranya :

Desa Babakan

Desa Bumiwangi

Desa Ciheulang

Desa Cikoneng

Desa Ciparay

Desa Gunungleutik

Desa ManggungHarja

Desa Mekarlaksana

Desa Mekarsari

Desa Pakutandang

Desa Sagaracipta

Desa Sarimahi

Desa Serangmekar

Desa Sumbersari

BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
Dalam menerapkan Program “Bandung 1000 Kampung”, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung m
SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) yang telah diterapkan oleh Pemerintah Kabup