Pemkab Bandung Bagikan Delapan Unit Gerobak Jajanan Sehat

Jumat, 27 Juli 2018

Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Pangan dan Perikanan (Dispakan) serta Dinas Pendidikan (Disdik) membagikan delapan unit Gerobak Jajanan Sehat ke seluruh sekolah di Kabupaten Bandung secara bertahap.

“Pemberian gerobak ini merupakan inovasi baru untuk menawarkan jajanan sehat berupa olahan ikan,” papar Kepala Dispakan Kabupaten Bandung Ir. Dadang Hermawan saat membuka acara Safari Gerakan Makan Ikan di SMPN 1 Cicalengka, Kamis (26/7).

Ia menambahkan, Safari Gerakan Makan Ikan tersebut ditujukan untuk pelajar di Kabupaten Bandung. “Pelaksanaan Safari Gerakan Makan Ikan tahap pertama sudah dilaksanakan di Kecamatan Cangkuang. Untuk tahap kedua dilaksanakan di Kecamatan Cikancung, Cicalengka dan Nagreg. Sedangkan tahap ketiga akan dilaksanakan Agustus mendatang di Kecamatan Paseh, Rancaekek dan Ciwidey,” jelasnya.

Menurutnya, Safari Gerakan Makan Ikan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan konsumsi makan ikan khususnya di kalangan pelajar. “Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan konsumsi ikan perkapita untuk mencapai target nasional,” imbuh Kadispakan.

Dadang menjelaskan, konsumsi ikan di Kabupaten Bandung masih sangat rendah. “Menurut data, konsumsi ikan di Kabupaten Bandung masih tertinggal dibanding daerah lain. Target konsumsi ikan nasional perkapita adalah 47,17 kilo gram perkapita pertahun. Sedangkan konsumsi ikan di Kabupaten Bandung hanya 22 kilo gram perkapita pertahun,” jelasnya.

Selain itu, guna meningkatkan konsumsi ikan Dispakan telah menggagas beberapa program. “Pertama, Safari Gerakan Makan Ikan untuk anak SD berupa pemberian aneka produk olahan ikan. Kedua, Pemberian makanan tambahan (PMT) kepada 200 ibu hamil di tujuh kecamatan. Ketiga, pemberian gerobak jajanan sehat sebanyak delapan unit,” papar Dadang.

Sementara Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) Kabupaten Bandung Kurnia Naser mengimbau kepada lapisan masyarakat untuk ikut meningktkan konsumsi ikan. “Ayo ibu-ibu yang di Posyandu kita tingkatkan konsumsi ikan, dengan memilih ikan-ikan segar yang nantinya akan dikonsumsi oleh keluarga,” imbau Kurnia yang juga isteri Bupati Bandung itu.

Kurnia berharap, kerjasama yang terjalin tersebut diharapkan bisa meningkatkan potensi makan ikan. “Dengan kesinambungan program yang dijalin antara FORIKAN, Dispakan dan Disdik ini bisa meningkatkan potensi makan ikan di Kabupaten Bandung,” tutup Kurnia.

Pada kesempatan itu pula siswa/siswi yang hadir menyanyikan lagu Gembar Makan Ikan sebagai symbol untuk mengingatkan mereka agar gemar makan ikan.

Sumber : Humas Pemkab Bandung

BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
Rencana reaktivasi jalur kereta api ke Ciwidey, oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar
“September adalah bulan membaca dan tanggal 14 merupakan hari kunjungan perpustakaan, ayo data