Kabupaten Bandung Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM Kedua Kalinya

Kamis, 14 Desember 2017

Bupati : "Saya mengajak seluruh elemen untuk kerja bersama, agar tetap menghadirkan keadilan HAM dan sosial bagi seluruh rakyat di Kabupaten Bandung,"

Kabupaten Bandung untuk yang kedua kalinya, meraih penghargaan sebagai salah satu kabupaten yang dianggap peduli terhadap Hak Asasi Manusia (HAM).

Penghargaan itu diberikan langsung Menteri Hukum dan HAM, Yassona Laoli di Hotel The Sunan, Surakarta, Solo, Minggu (10/12/).

"Penghargaan tersebut menjadi bukti bahwa pemerintah Kabupaten Bandung selalu berupaya memenuhi hak dasar masyarakat dalam pembangunan," ujar Asisten Pemerintahan Yudhi Haryanto usai menerima penghargaan.

Penghargaan ini, kata Dia, adalah hasil dari kerja sama seluruh elemen pemerintah dan masyarakat untuk saling mendukung dalam mewujudkan kabupaten yang peduli terhadap HAM.

Kabupaten Bandung dianggap masuk pada kriteria Kabupaten/ Kota yang Peduli Hak Asasi Manusia setelah memenuhi parameter penilaian dengan terpenuhinya hak masyarakat.

"Kriteria daerah kabupaten/kota Peduli HAM didasarkan pada terpenuhinya hak atas kesehatan, pendidikan, hak perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan," terang Yudhi.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga hadir dalam acara yang diikuti oleh seluruh Provinsi dan Kabupaten/ Kota di Indonesia itu. Jokowi juga menyerahkan penghargaan secara simbolis kepada provinsi yang dianggap peduli HAM.

Yudhi menyampaikan, pada kesempatan itu Presiden berpesan kepada seluruh komponen khususnya para pembuat kebijakan dan birokrat agar senantiasa memperhatikan aspirasi masyarakat bawah.

Yudhi mengatakan, bahwa tahun 2016 lalu Kabupaten Bandung juga memperoleh penghargaan sebagai kabupaten Peduli HAM, "dan tahun ini kita masih dipercaya sebagai daerah yang menjunjung kepedulian terhadap hak masyarakat," imbuh Yudhi.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi presiden melalui menteri Hukum dan HAM dimana dinilai konsisten memperjuangkan rasa keadilan di tengah masyarakat," ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, SH,S.Ip.,M.Si.

Menurutnya, sedikit demi sedikit upaya Pemerintah Kabupaten Bandung untuk meratakan pembangunan sudah dilakukan, dan hal itu kata Dia merupakan hak bagi seluruh masyarakat, yang akan bisa terwujud jika seluruh pihak bisa bekerja sama.

“Pembangunan ini adalah hak masyarakat, bidang kesehatan, pendidikan, pekerjaan, perlindungan perempuan dan anak juga lingkungan yang berkelanjutan kita upayakan meski ke daerah pelosok. Berhasil atau tidak ini juga berkaitan dengan kersja sabilulungan seluruh pihak dan bisa memahami segala proses dan prosedurnya bahwa giat pembangunan di Kabupaten Bandung tetap berbasis HAM,” ungkap Bupati Bandung.

Untuk itu ia mengajak semua elemen untuk kerja bersama.

"Dan saya mengajak seluruh elemen untuk kerja bersama agar tetap menghadirkan keadilan HAM dan sosial bagi seluruh rakyat di Kabupaten Bandung," jelasnya.

Tak hanya itu, ia juga berharap agar masyarakat lebih menghargai HAM.

"Dimana kita semua mengacu pada aturan yang sudah diatur negara dan kita harus hargai itu," tandasnya.

Press Release Kominfo Setda.

BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
Keikutsertaan Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari dalam lomba desa tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar
Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya kontrak pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSU