"Despicable Me" Antarkan BBT Raih Piala Hamengku Buwono 2018

Senin, 05 November 2018

Suara tiupan terompet dibarengi dentingan perkusi serta tabuhan drum, mengiringi aksi tari dan para pemain bendera (Colour Guard). Memainkan musik dan efek yang akrab di telinga penikmat animasi kekinian, sembari membentuk konfigurasi, Marching Band Bhineka Bhakti Taruna (BBT) Kabupaten Bandung sontak menjadi pusat perhatian.

Dipimpin seorang Field Commander, Marching Band BBT menampilkan Display ‘Despicable Me’ dengan apik usai Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-90 di Lapangan Upakarti Soreang, Senin (29/10/2018). Bukan hanya menghibur, display tersebut ditampilkan karena telah meraih prestasi di ajang bergengsi. Ya, Marching Band BBT meraih Juara II Display dalam Kejuaraan Nasional Marching Band Piala Raja Hamengku Buwono 2018 yang berlangsung di Yogyakarta pada tanggal 20 – 21 Oktober 2018.

Selain kategori Display, pada ajang tersebut diraih juga Juara II Street Parade. Sebuah prestasi yang membanggakan bagi masyarakat Kabupaten Bandung, terlebih dalam suasana Hari Sumpah Pemuda ke-90 dengan tema ‘Bangun Pemuda Satukan Indonesia’.

Marching Band BBT didirikan pada tanggal 26 Desember 1984 di pendopo Kabupaten Bandung atas prakarsa Bupati Bandung yang menjabat saat itu, yakni H. D. Cherman Efendi. Nama belakang Taruna sendiri diambil karena pada saat itu keanggotaannya didominasi para pemuda karang taruna Kabupaten Bandung, dan saat ini jumlah personil yang terdaftar di BBT sebanyak 90 orang.

Selama kiprahnya, BBT telah meraih beragam prestasi yaitu Juara Umum Sumedang Open Festival Drum Band ke IX Tahun 2009, Juara I Field Commander Babak Kualifikasi Porda Jabar Tahun 2010, Juara III Porda Jabar tahun 2010, Juara I Parade Bandung Marching Band Championship Grand Prix Marching Band (GPMB) Series 2012, Juara III Drum Battle Bandung Marching Band Championship GPMB Series 2016, Juara I Parade Bandung Marching Band Championship GPMB Series 2017, dan terakhir Juara II Display Divisi Umum Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Piala Raja Hamengku Buwono Tahun 2018 serta Juara II Street Parade Divisi Umum Kejuaraan Nasional Marching Band Piala Raja Hamengku Buwono Tahun 2018.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bandung H. Slamet Mulyana menerangkan, dalam Kejurnas Piala Raja Hamengku Buwono di Yogyakarta itu, BBT bersaing dengan marching band pemerintah daerah lain maupun marching band pelajar/mahasiswa se Indonesia.

“Juara I diraih marching band dari Universitas Tarumanegara. Jumlah personil yang memperkuat BBT pada kejurnas kemarin sekitar 40-50 orang yang merupakan pelajar dari beberapa sekolah di Kabupaten Bandung,” terang Kepala Dispora.

Dalam kejurnas tersebut, tambah Slamet Mulyana, jumlah peserta mencapai 54 tim yang terbagi menjadi tiga kategori. “Kategori yang diperlombakan yaitu Drum Battle, Street Parade dan Marching Show (Display). Kami sangat berharap Marching Band BBT ini bisa berbicara banyak di Piala Presiden mendatang,” imbuhnya.

Selain itu, BBT senantiasa berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan pemerintah atau dalam hari-hari besar. “Secara rutin mereka berlatih dua kali seminggu, biasanya intensitasnya ditambah ketika akan tampil. Masyarakat bisa menyaksikan mereka berlatih pada sore hari di kompleks Pemkab Bandung. Semoga prestasi BTT, bisa memotivasi dan menjadi inspirasi generasi muda Kabupaten Bandung, untuk terus mengembangkan potensi, kreativitas dan gebrakan lain yang membanggakan,” pungkas Slamet Mulyana.

Sumber: Humas Pemkab Bandung

BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
Rangkaian Millenial Road Safety Festival (MRSF) 2019, yang ditandai dengan Pataka Relay, kali ini be
Adanya sedimentasi dan penyempitan di bagian hilir Sungai Cilember di Kelurahan Melong dan Cimahi Te