Bupati Bandung Terima 5.117 Mahasiswa KKN UIN Bandung

Kamis, 02 Agustus 2018

Bupati Bandung H. Dadang M Naser, SH., S.Ip., M.Ip menerima mahasiswa/mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. “Alhamdulillah, hari ini Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Bandung menerima 5.117 mahasiswa UIN Bandung,” ungkap Bupati saat acara Penerimaan Mahasiswa KKN UIN Bandung di Gedung Moh Toha Soreang, Selasa (31/7).

Dalam kesempatan yang sama ia menyampaikan potensi yang dimiliki Kabupaten Bandung. “Kabupaten Bandung memiliki potensi dalam bidang pertanian, peternakan, perkebunan, panas bumi, pariwisata, serta seni dan budaya,” jelasnya.

Bupati menambahkan, potensi tersebut didukung dengan letak geografis. “Selain itu, letak geografis yang strategis ikut mendukung potensi yang ada, seperti iklim yang nyaman dan dukungan infrastruktur yang baik. Tak ketinggalan, pemerintah yang demokratis dan kooperatif serta ketersediaan sumber daya manusia,” imbuhnya.

Ia berharap dengan adanya KKN tersebut akan berdampak positif khususnya bagi masyarakat dilokasi KKN. “Dengan adanya KKN ini diharapkan berdampak positif baik bagi para peserta, lembaga pendidikan, pemerintah dan masyarakat, khususnya masyarakat dilokasi kegiatan KKN,” papar Bupati.

Selain itu, dirinya berharap peserta KKN dapat mengaktifkan kembali kegiatan keagamaan khususnya kalangan remaja. “Sesuai dengan visi Kabupaten Bandung, yakni memantapkan Kabupaten Bandung yang maju, mandiri, dan berdaya saing, melalui tata kelola pemerintah yang baik dan sinergi pembangunan perdesaan, berlandaskan religius, kultural dan berwawasan lingkungan. Oleh karena itu diharapkan peserta dapat menghidupkan kembali kegiatan keagamaan di tempat KKN masing-masing,” jelasnya.

Bupati juga meminta agar peserta KKN bisa memanfaatkan kegiatan tersebut secara optimal. “Diharapkan peserta KKN dapat memanfaatkan kegiatan ini secara optimal sebagai sebuah proses pembelajaran untuk memahami berbagai masalah di masyarakat,” ungkap Bupati.

Sementara Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung Prof. DR. H. Mahmud, M.Si berterimakasih kepada Bupati Bandung. “Terimakasih kepada Bupati yang telah memperkenankan mahasiswa mahasiswi kami untuk melaksanakan KKN di Kabupaten Bandung. Terlaksananya KKN ini merupakan follow up dari pembicaraan sebelumnya. Sekitar 5.117 mahasiswa kami kirim dan pusatkan di Kabupaten Bandung,” papar Mahmud.

Ia menambahkan, nantinya peserta KKN akan dibagi kedalam beberapa kelompok. “Dari total 5.117 peserta KKN di akan dibagi kedalam 416 kelompok, yang nantinya akan disebar ke 139 desa di 16 kecamatan di Kabupaten Bandung selama satu bulan lamanya,” jelasnya.

Mahmud meminta agar peserta KKN dapat mengimplementasikan ilmu yang mereka dapatkan di universitas. “Saya harap ilmu yang didapat di universitas bisa diimplementasikan dengan baik di tempat KKN masing-masing, dengan tujuan membantu kepentingan masyarakat setempat,” imbuhnya.

Rektor UIN juga meminta Pemkab Bandung untuk melibatkan para peserta KKN dalam menjalankan program-program di Kabupaten Bandung. “Sejumlah mahasiswa ini saya harap bisa dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan yang telah di programkan oleh Pemkab Bandung,” pungkas Mahmud.

Sumber : Humas Pemkab Bandung

BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
Sebagai penggagas Sabilulungan Deteksi Dini Kanker Serviks melalui Iva Test dengan peserta terbanyak
Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102 sudah selesai. “Alhamdulillah hari ini keg