*2019, Kabupaten Bandung Bidik Wistara*

Selasa, 06 Agustus 2019

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Tim Pembina Kabupaten Bandung Sehat menyatakan pada tahun 2019 ini, Kabupaten Bandung siap meraih Swasti Saba Wistara.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung selaku Wakil Ketua Tim Pembina Kabupaten Bandung Sehat, drg.Grace Mediana Purnami, M.Kes menjelaskan Swasti Saba Wistara merupakan suatu penghargaan dengan level tertinggi dari Program Kabupaten/Kota Sehat.

Program tersebut, kata Grace Mediana telah diatur dalam Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor: 34 Tahun 2005 Nomor:1138/Menkes/PB/VIII/2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat.

Persiapan menuju Wistara tahap I ini, lanjut Grace ada tujuh tatanan yang menjadi indikator penilaian untuk model Kabupaten Sehat. Namun Kabupaten Bandung dalam hal ini akan mengikuti enam tatanan saja.

“Walaupun hanya mengikuti enam tatanan, tapi aturan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membolehkan kita untuk bisa menuju Wistara dengan enam tatanan saja. Dengan syarat 60 persen dari jumlah desa atau kelurahan yang ada di Kabupaten Bandung harus bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS),” ucap Grace Mediana disela-sela kegiatan Binaan Wilayah (Binwil) di Aula Kantor Kecamatan Cicalengka, Selasa (30/07).

Jelang verifikasi lapangan yang akan dilakukan oleh Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Pusat pada akhir Agustus nanti, Grace mengatakan pihaknya telah mempersiapkan beberapa lokasi khusus (lokus) yang tersebar di tujuh kecamatan, meliputi Kecamatan Cicalengka, Nagreg, Soreang, Ibun, Cangkuang, Katapang dan Kecamatan Banjaran.

Lebih jauh, Grace memaparkan, pihaknya menetapkan untuk tatanan Kawasan Sarana Lalu Lintas Tertib dan Pelayanan Transportasi, lokusnya berada di Terminal Cicalengka, Taman Pangulinan Cacah Menak Taman Edukasi Lalu Lintas Sabilulungan (Pacantells) di Kecamatan Katapang dan Car Free Day di Kecamatan Soreang.

Sedangkan untuk tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat dan Mandiri, dipilih Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Asri yang berlokasi di Desa Nagrog Cicalengka.

“Untuk tatanan lainnya seperti tatanan Sosial yang Sehat, kita pilih Panti Rehab Bumi Kaheman yang berlokasi di Desa Bandasari Kecamatan Cangkuang dan inovasi Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Kecamatan Soreang. Tatanan lainnya yakni Pemukiman Sarana dan Prasarana Sehat, kita lokuskan pada hunian warga Desa Nagrog, sementara untuk kawasan sekolahnya, dilokuskan di SMPN 1 Cicalengka, dan Puskesmas Sawah Lega Cicalengka dijadikan lokus untuk kawasan Sarana Kesehatan,”paparnya.

Grace melanjutkan, untuk tatanan Ketahanan Pangan dan Gizi, berlokus di Kecamatan Nagreg. Terakhir untuk tatanan Pariwisata Sehat, dilokuskan di kawasan Kawah Kamojang di Kecamatan Ibun, dan Rumah Makan Darmaga Sunda di Kecamatan Nagreg.

Verifikasi yang akan dilakukan Tim Pusat nanti, ungkap dia untuk memastikan kesiapan hasil pembinaan setiap lokus yang dilakukan pihaknya. “Kami berupaya agar semua bisa berkontribusi optimal sehingga harapan untuk bisa meraih Swasti Saba Wistara bisa terwujud,” pungkasnya pula.

Pada kesempatan itu, Ketua Forum Kabupaten Bandung Sehat (FKBS) Hj.Kurnia Agustina Dadang M.Naser mengajak semua masyarakat Kabupaten Bandung untuk ikut berperan dan terlibat dalam mendukung pencapaian penghargaan itu. Cara yang paling sederhana menurutnya adalah bagaimana masyarakat bisa berperilaku sehat.

Bagi pihaknya sendiri, ujar Kurnia untuk menciptakan prilaku dan pola hidup masyarakat yang sehat, Ia gencar mengkampanyekan gerakan Bersih, Nyaman, Aman dan Sehat (Bernas), dalam menjaga lingkungan dimanapun berada. Seperti di perkantoran, sekolah, rumah, puskesmas, tempat bermain ataupun tempat lainnya.

“Saat ini, kita juga tengah gencar mengkampanyekan gerakan pengurangan sampah plastik. Di setiap kegiatan, dimanapun, upayakan bawalah tumbler atau botol minuman. Melalui gerakan ini, kita berharap bisa membantu pemerintah daerah dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk membatasi penggunaan plastik”, tuturnya pula.

Sumber : Humas Pemkab Bandung

BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
Bupati Bandung H. Dadang M Naser, S.H., S.I.P., M.I.P meminta pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga
Untuk mengoptimalkan implementasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Kawasan Tanpa