Kabupaten Bandung Gencarkan Warnet Sehat yang Ramah Anak

Jumat, 12 Oktober 2018

Mendukung Kabupaten Bandung layak anak (KLA), Pemerintah konsen pada program dan kegiatan yang berpihak pada pemenuhan hak anak, salah satunya gagasan untuk warnet sehat yang ramah anak.

Bupati Bandung H. Dadang M. Naser,SH,S.Ip.,M.Si mengungkapkan dorongan untuk menciptakan warnet sehat khususnya untuk anak-anak akan terus dilakukan, melihat kondisi menjamur warnet yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Bandung.

“Kita dukung KLA salah satunya melalui terbentuknya warnet sehat yang ramah anak. Kita antisipasi kecenderungan informasi negatif, tontonan yang tidak layak, aktivitas dan perilaku menyimpang yang diakibatkan atau dampak dari hadirnya warnet kebanyakan. Para pengusaha warnet itu harusnya punya asosiasi, mereka harus diberikan pemahaman-pemahaman mengenai warnet sehat,” ungkap Bupati saat dikonfirmasi di rumah jabatannya di Soreang, Selasa (9/10/2018).

Hadirnya warnet sehat ini, ujar Bupati akan memberikan dampak edukasi. Dirinya mengaku prihatin atas beberapa kasus kriminal yang terjadi pada anak dan dilakukan juga oleh anak-anak. Tentu saja menurutnya, arus informasi melalui internet begitu cepat, sehingga bisa mempengaruhi pola pikir bahkan perilaku anak-anak kita.

“Saya harap, para Camat bisa menginventarisir keberadaan warnet di wilayah masing-masing. Ini perlu dilakukan sebagai upaya preventif bersama untuk pencegahan dampak negative warnet. Para pemilik usahanya agar diberikan imbauan dan pengarahan, tentang bagaimana warnet sehat bisa diakses juga dengan adanya pembatasan jam operasionalnya,” imbuhnya.