Peringati Harkanas, Pemkab Bandung Optimalkan Potensi Perikanan

Dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke-VIII, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung terus optimalkan potensi perikanan. Pasalnya, tahun 2020 produksi ikan di Kabupaten Bandung sekitar 17 ribu ton.

 

Capaian tersebut tidak lepas dari upaya pemerintah daerah dalam pengembangan potensi budidaya ikan. Tahun 2020 lalu Wilayah budidaya ikan di Kabupaten Bandung mencapai 279, 86 hektare.

 

Tidak sampai di situ, pemerintah daerah juga terus mempromosikan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), khususnya bagi generasi muda di Kabupaten Bandung.

 

Gerakan tersebut merupakan komitmen pemerintah untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat akan pentingnya penanganan peningkatan konsumsi ikan.

 

Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Bandung, Emma Detty Dadang Supriatna menyampaikan, konsumsi ikan pada anak-anak dapat membentuk generasi Kabupaten Bandung menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang tangguh dan unggul.

 

“Ikan merupakan sumber pangan yang banyak mengandung gizi terutama protein, sehingga baik untuk pertumbuhan otak anak. Jika anak anak kita dibiasakan makan ikan sejak ini, tanpa disadari kita ikut menciptakan SDM yang berkualitas, tangguh dan unggul di masa yang akan datang,” jelas Emma didampingi Kepala Dinas Pangan dan Perikanan (Dispakan), Tri Heru Setiati di sela kegiatan Harkanas ke-VIII di Pasar Ikan Modern (PIM), Soreang, Selasa (23/11/2021).

 

Sebagai mitra pemerintah, dirinya juga ikut mensosialisasikan Gemarikan melalui sejumlah kegiatan, seperti promosi produk perikanan kepada seluruh lapisan masyarakat dan safari ikan bagi anak-anak sekolah.

 

“Kami juga mengadakan pelatihan pengolahan ikan untuk para kader, KWT (Kelompok Wanita Tani) dan karang taruna. Ada juga pengenalan nilai produk ikan bagi ibu rumah tangga sebagai penyedia menu keluarga,” terangnya yang juga Istri Bupati Bandung Dadang Supriatna.

 

Ia juga mengimbau Ketua Forikan Tingkat Kecamatan untuk ikut andil dalam menyukseskan program pemerintah pusat itu.

 

“Kami sangat berharap, seluruh ketua forikan kecamatan agar dapat membuat program yang bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk gemar makan ikan serta mensosialisasikan kembali pentingnya mengkonsumsi ikan,” pungkas Emma.

 

 

Sumber : Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan