Di Sambut Antusias Pelajar SD, Mobil Perpustakaan Keliling hadir di Lingkungan Sekolah Dasar Kantor Desa Ciparay


SOREANG, Rabu 20 September 2023 - Puluhan siswa Sekolah Dasar yang lingkungan sekolahnya berada di dekat Kantor Kepala Desa Cikoneng Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung terlihat antusias untuk meningkatkan minat baca buku saat mobil Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bandung diparkirkan di depan kantor desa tersebut, Rabu (20/9/2023).


Hadirnya mobil perpustakaan keliling itu erat kaitannya dengan program Bunda Literasi Kabupaten Bandung Hj.  Emma Dety Dadang Supriatna yang bersinergi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip)  Kabupaten Bandung dalam upayanya . mendekatkan dan meningkatkan minat baca dan menulis anak-anak sekolah.  Berbagai jenis buku bacaan yang berisi edukasi untuk menambah wawasan para siswa disuguhkan oleh Bunda Literasi dan Dispusip pada giat tersebut. Yang tentunya  yang dapat menambah wawasan para siswa.

 

Bupati Bandung Dadang Supriatna saat tiba di Kantor Desa Cikoneng, langsung menghampiri dan menemui para pelajar SD yang berkunjung ke mobil perpustakaan keliling yang difasilitasi Dispusip Kabupaten Bandung yang diselaraskan dengan program Bunda Literasi Kabupaten Bandung Emma Dety Dadang Supriatna. 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bandung sempat melakukan komunikasi dengan para siswa SD, sambil bertanya apakah ada yang tahu tentang tiga muatan lokal dalam bidang pendidikan. Salah seorang siswa SD pun memberanikan diri untuk menjawab pertanyaan Bupati Bandung. Tiga muatan lokal itu yakni pendidikan pancasila dan UUD 1945, pendidikan bahasa dan budaya Sunda, dan belajar membaca dan menghafal Alquran. Siswa yang bisa menjawab pertanyaan dari orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu langsung mendapatkan kadeudeuh. 


Kepala Dispusip Kabupaten Bandung Teguh Purwayadi didampingi Kabid Pelayanan Perpustakaan Firman Nugraha mengatakan, bahwa kehadiran mobil perpustakaan keliling pada setiap kegiatan Rembug Bedas Bupati Bandung merupakan salah satu program prioritas Dispusip dan Bunda Literasi Kabupaten Bandung dalam upaya meningkatkan indeks minat membaca dan menulis bagi masyarakat Kabupaten Bandung, terutama bagi anak-anak sekolah atau pelajar yang menjadi harapan pemimpin masa depan bangsa dan negara.


"Kita datang ke desa-desa, dalam rangka kegiatan Rembug Bedas Pak Bupati Bandung. Dengan harapan para pelajar maupun anak-anak sekolah serta masyarakat ini mampu dan bisa meningkatkan minat bacanya," kata Teguh di sela-sela kegiatan Rembug Bedas.


Menurutnya, dengan adanya berbagai fasilitas buku yang disiapkan itu, nantinya dapat terlihat indeks minat baca atau literasi masyarakat Kabupaten Bandung tersebut. Selain iti kehadiran  mobil perpustakaan keliling tersebut merupakan upaya  Dispusip untuk menambah wawasan dan  untuk pendidikan karakter anak-anak sekolah. 


Menurut Teguh, hadirnya mobil perpustakaan keliling itu merupakan salah satu upaya Dispusip dalam  mendukung kegiatan Bupati Dadang Supriatna yang menggelar program Rembug Bedas di Desa Cikoneng. ‚ÄúPada setiap kesempatan kegiatan Rembug Bedas, Bupati Bandung Dadang Supriatna memberikan wakaf 100 buku untuk desa-desa yang menjadi sasaran kegiatan tersebut. Wakaf 100 buku tersebut diperuntukan bagi  perpustakaan desa dalam upaya mendorong dan meningkatkan minat masyarakat untuk membaca buku

"Untuk saat ini, Pak Bupati Bandung  mewakafkan atau mendonasikan 100 buku. Tapi bukan untuk anak-anak, melainkan untuk perpustakaan di desa," katanya.