Bupati DS Dorong Keberadaan Perpustakaan Digital

Bupati Bandung Dadang Supriatna terus mendorong keberadaan perpustakaan digital di Kabupaten Bandung. Menurutnya, perpustakaan digital dapat menjadi solusi mempertahankan budaya literasi di tengah pandemi covid-19.

“Kini teknologi sudah semakin canggih. Apapun bisa kita lakukan dalam genggaman, termasuk kegiatan berliterasi. Terlebih di masa pandemi seperti ini, perpustakaan digital dapat menjadi solusi bagi pemustaka yang haus akan membaca. Sehingga masyarakat tidak perlu keluar rumah, namun tetap bisa mendapatkan informasi,” ungkap Bupati Bandung di sela kegiatan Launching BUMDes Bedas dan Sosialisasi Gerakan Literasi Keluarga, Pojok Baca Digital dan BJB Corner di Gedung Moh. Toha, Soreang, Selasa (27/7/2021).

Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung mendapatkan bantuan Pojok Baca Digital (Pocadi) dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia dan BJB Corner dari Bank BJB.

“Kami mengapresiasi sekaligus mengucapkan terimakasi kepada Perpusnas dan juga Bank Bjb yang telah menghadirkan pojok baca digital. Dengan bertambahnya fasilitas layanan perpustakaan di tempat layanan umum seperti ini diharapkan dapat mendongkrak minat baca masyarakat di kabupaten bandung,” ucap Bupati Dadang.

Sementara itu, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Bandung, Tri Heru Setiati menjelaskan, perpustakaan mempunyai tanggung jawab terhadap peningkatan dan pengembangan budaya gemar membaca.

“Hal ini sebagaimana tertuang dalam amanat Undang - Undang 1945 alenia ke-4 yaitu Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dan sesuai dengan misi Pak Bupati yang ke-2. Oleh karenanya, perlu berbagai upaya untuk meningkatkan budaya membaca bagi masyarakat Kabupaten Bandung,” terang Kepala Disarpus.

Tri menuturkan, Pocadi direncanakan ditempatkan di Munara 99, di Kawasan Gedong Budaya Sabilulungan, Soreang. Sedangkan Bjb Corner, tambahnya, akan ditempatkan di Gedung Perpustakaan Kabupaten Bandung.

“Dengan hadirnya pojok baca digital diharapkan dapat menambah fasilitas layanan perpustakaan digital bagi masyarakat Kabupaten Bandung,” tutupnya.

Sumber : Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan