Bupati Ajak Kormi Ikut Tanggulangi Pandemi

Pada situasi pandemi saat ini, olahraga menjadi salah satu aspek penting dalam memerangi penyebaran covid-19. Selain meningkatkan kesehatan, menurut Bupati Bandung Dadang Supriatna, peningkatan imunitas karena berolahraga dapat membantu mengurangi angka terpapar covid-19 di Kabupaten Bandung.

“Kebugaran menjadi senjata utama untuk mengalahkan virus. Kontribusi KORMI (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) dalam mewujudkan masyarakat sehat harus ditingkatkan,” ujar Bupati Dadang Supriatna di sela acara Pelantikan Pengurus KORMI Kabupaten Bandung, di GBS, Rabu (22/9/2021).

Dirinya menurutkan, KORMI sebagai salah satu organisasi olahraga. Harus bisa mendata olahraga rekreasi masyarakat di masing-masing desa hingga ke tingkat RT. Karena pada tantangan era digital ini, tuturnya, masyarakat lebih memfavoritkan bermain gadget ketimbang melakukan aktivitas fisik.

“Saya yakin, di 270 desa dan 10 kelurahan, ada beberapa sanggar olahraga masyarakat yang tidak bisa didata satu persatu. KORMI dapat menjadi wadah untuk menaungi berbagai jenis olahraga tersebut. Kita harus bisa membangkitkan olahraga rekreasi masyarakat terutama di kalangan anak-anak,” ungkapnya.

Bupati yang akrab disapa Kang DS tersebut, meminta KORMI bekerjasama dengan Perangkat Daerah (PD) untuk mengembangkan program-programnya. 

“KORMI bisa melakukan sinergitas bersama dinas terkait, misalnya dengan Disparbud atau Dispora. Program yang sudah ada bisa dikembangkan, lalu kita bisa mulai menggagas program-program baru lainnya,” jelas Bupati Dadang.

Pada kesempatan itu, selain Ketua KORMI Emma Dety Dadang Supriatna, sebanyak 60 orang anggota pengurus KORMI Kabupaten Bandung periode 2021-2025 juga dilantik. Pelantikan dilakukan oleh Ketua KORMI Provinsi Jawa Barat Denda Alamsyah.

Emma Dety mengatakan, pihaknya berencana mensosialisasikan olahraga Senam Bedas. Selain penuh manfaat, menurutnya senam merupakan olahraga murah meriah dan dapat diikuti oleh siapapun.

“Sebelumnya kami akan membentuk koordinator di tingkat kecamatan dan desa. Nanti akan kita ajak masyarakat untuk ikut senam bersama. Insyaa Allah masyarakat akan antusias mengikutinya,” imbuh istri bupati itu.

Ia juga berharap pengurus KORMI yang baru dilantik, dapat memajukan olahraga rekreasi dan mengembangkan potensi kreativitas masyarakat, melalui kolaborasi dengan berbagai pihak.

“Mudah-mudahan peran KORMI ini dapat dirasakan tidak hanya di tingkat kabupaten saja, tetapi juga dirasakan sampai ke tingkat kecamatan, desa hingga tingkat terendah,” pungkasnya.

Sumber: Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan