100.000 Pohon Akan Ditanam di Nagreg

Ketua Panitia Didin Supriadin mengungkapkan, Ini langkah awal mengembalikan kesadaran berwawasan lingkungan pada masyarakat, terutama yang tinggal di dekat perkotaan. Sebab, memang sulit untuk mengubah kebiasaan masyarakat yang telah terbiasa dengan kehidupan kota yang kurang memerhatikan lingkungan.

Dari program yang dimulai di Desa Bojong dengan tanah seluas 100 hektare ini diharapkan akan meluas ke daerah lain di Jabar.

Pemimpin Pikiran Rakyat H. Syafik Umar menyambut baik kegiatan ini. Sebab, semakin hari lahan kritis di Jabar semakin banyak, meskipun berbagai upaya penghijauan atau penanaman pohon dilakukan berbagai pihak.

Syafik mencontohkan, upaya penyelamatan lingkungan yang telah dilakukan di daerah Garut Selatan. Masyarakat di pinggiran malah terkesan lebih baik dalam menjaga lingkungannya karena terikat tradisi, berbeda dengan masyarakat yang tinggal di perkotaan.

Selain kegiatan penanaman 100.000 pohon, panitia menggelar pameran teknologi pertanian yang bekerja sama dengan Lembaga Penelitian Unpad, khitanan, pemberian beasiswa, serta berbagai kegiatan sosial lainnya.

Sumber : Harian Umum Pikiran Rakyat, Edisi Rabu, 23 Januari 2008