Suara Anda

 

Nama Lengkap

E-mail

Jenis

Text

Kode Keamanan

captcha

 

 

eka putra

Selamat siang, saya mau menanyakan perihal pengurusan E-KTP kenapa lama sekali untuk lintas propinsi? bulan februari 2015 yang lalu saya dan istri pindah domisili dari kab.malang (jatim) ke kab.bandung dengan membawa surat pindah. Namun sampai saat ini belum ada info perihal E-KTP saya dan istri sedangkan KTP lama sudah diambil oleh Dispendukcapil Jatim. Mohon konfirmasinya

Jawaban dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil :

Selamat Siang,
Teriama Kasih atas Informasinya, Perlu Diinformasikan bahwa ketersediaan Blangko KTP baik didaerah/pusat belum ada dan sebagai gantinya diterbitkan Surat Keterangan Pengganti KTP untuk berbagai keperluan, untuk itu silahkan yang bersangkutan bisa datang ke Disdukcapil / Kecamatan dengan membawa FC KK dengan NIK sudah tercantum didalam KK untuk diproses.

DUDUNG

maaf pa saya pengen tau no nik e-KTP, AN, AI ROHANI desa haurpufur kecamatan rancaekek kabupaten bandung RT 03, RW 05, soalnya istri saya mau bikin KK tapi KTP belum selesai apa bisa ?.... terimakasih

Jawaban dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil :

Selamat Siang,
Teriama Kasih atas Informasinya, Perlu Diinformasikan bahwa ketersediaan Blangko KTP baik didaerah/pusat belum ada dan sebagai gantinya diterbitkan Surat Keterangan Pengganti KTP untuk berbagai keperluan, untuk itu silahkan yang bersangkutan bisa datang ke Disdukcapil / Kecamatan dengan membawa FC KK dengan NIK sudah tercantum didalam KK untuk diproses.

Maman Sutarman, SE

Mohon minta info untuk cetak e-ktp, kapan bisa dilaksanakan? Saya sudah 2 Kali ke Soreang jawabanya blangko e-ktp belum di kirim dari pusat. Mohon info yang pasti supaya saya ga bolak balik ke Soreang! Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Jawaban dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil :

Selamat Siang,
Teriama Kasih atas Informasinya, Perlu Diinformasikan bahwa ketersediaan Blangko KTP baik didaerah/pusat belum ada dan sebagai gantinya diterbitkan Surat Keterangan Pengganti KTP untuk berbagai keperluan, untuk itu silahkan yang bersangkutan bisa datang ke Disdukcapil / Kecamatan dengan membawa FC KK dengan NIK sudah tercantum didalam KK untuk diproses.

ricky

pak,abdi ngadamel ktp tos 8 sasih naha teu acan beres nya ?? tos sabaraha kali k kecamatan bojongsoang nihil wae pak. abdi linggih di gba 1 bojongsoang hatur nuhun

Jawaban dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil :

Selamat Siang,
Terima Kasih atas Informasinya, Perlu Diinformasikan bahwa ketersediaan Blangko KTP baik didaerah/pusat belum ada dan sebagai gantinya diterbitkan Surat Keterangan Pengganti KTP untuk berbagai keperluan, untuk itu silahkan yang bersangkutan bisa datang ke Disdukcapil / Kecamatan dengan membawa FC KK dengan NIK sudah tercantum didalam KK untuk diproses.

Hanif Fadillah Fadli

Sampurasun Pak tentang kelengkapan persyaratan pembukaan rekening bank yang paling urgen adalah e-ktp. Sedangkan saat ini pemerintah kecamatan memberikan keterangan bahwa pembuatan e-ktp saat ini belum bisa ditentukan waktunya karena ada permasalahan di tingkat pusat. Sementara kami dikalangan warga banyak yang membutuhkan e-ktp untuk berbagai macam persyaratan administrasi. Maaf apakah turunnya resi dari kabupaten bisa dipakai sebagai dokumen pengganti untuk administrasi diberbagai macam intansi pak ? sebagai siolusi keterhambatan trsbt. Jika bisa dijadikan solusi, saya meminta kejelasan nya karena ada indikasi intansi belum menerima keputusan tersebut. Dan seperi apa jaminan dan penanganannya jika ada intansi tekait bersikukuh harus memakai e ktp sebagai persyaratannya. Mohon pencerahannya.. hatur nuhun..

Jawaban dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil :

Selamat Siang,
Terima Kasih atas Informasinya, Perlu Diinformasikan bahwa ketersediaan Blangko KTP baik didaerah/pusat belum ada dan sebagai gantinya diterbitkan Surat Keterangan Pengganti KTP untuk berbagai keperluan, untuk itu silahkan yang bersangkutan bisa datang ke Disdukcapil / Kecamatan dengan membawa FC KK dengan NIK sudah tercantum didalam KK untuk diproses.

Muhamad Rusdiana

Assalamualikum. Apa ketersediaan BLANGKO di tiap kecamatan dibatasi? Saya mau cetak E-KTP belum bisa dikarenakan BLANGKO habis dan ketersediaan kembali sampai 1 bulan lamanya. Kenapa bisa lama? padahal ktp sangat penting untuk kami dalam mengurus seperti perpanjang STNK, urusan BANK, dll. Mohon dibantu untuk dipercepat penyediaan BLANKO E-KTP. Terima Kasih.

Jawaban dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil :

Selamat Siang,
Terima Kasih atas Informasinya, Perlu Diinformasikan bahwa ketersediaan Blangko KTP baik didaerah/pusat belum ada dan sebagai gantinya diterbitkan Surat Keterangan Pengganti KTP untuk berbagai keperluan, untuk itu silahkan yang bersangkutan bisa datang ke Disdukcapil / Kecamatan dengan membawa FC KK dengan NIK sudah tercantum didalam KK untuk diproses.

dara arum

di kecamatan cileunyi ada oknum pegawai yg jadi calo...awalnya saya pikir mmg bisa membuat akte kelahiran di kecamatan dia kasih saya resi untuk ambil akte dengan cap kecamatan dan katanya 2 bln jadi setelah 2 bln saya tanya jawabannya ntar minggu depanlah..trus saya datang lagi..bulan depanlah..trus sampe skg udah 4 bln..gara2 akte anak saya ga jadi2 jadi terhambat membuat passpor n syarat tanggungan anak keperusahaan...anak2 saya jadi tidak bisa kumpul dengan ayahnya yg bekerja di luar..gmn ni pak camat n pak bupati..

Jawaban dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil :

Selamat Siang,

perlu diinformasikan bahwa Pembuatan Dokumen Kependudukan dan Pencatatan tidak dikenakan Biaya, dan harus yang bersangkutan tidak boleh diwakilkan 
Silahkan yang bersangkutan ke Disdukcapil dengan membawa berkas :

  1. Surat Keterangan Kelahiran
  2. FC Surat Nikah Suami Istri
  3. FC KTP Suami Istri
  4. FC KK
  5. FC KTP 2 Orang Saksi

joni

Salam sejahtera, pertama mau menanyakan apakah dalam pembuatan administrasi kependudukan di kecamatan rancaekek dan kelurahan rancaekek kencana ada penarikan biaya administrasi, jika iya apakah ada surat edaran resmi berapa nominal resminya... Kedua jika berbayar tolong diinfo pembayaran dipasang didepan kecamatan/kelurahan nominal resminya karena disini harga bisa bervariasi. Ketiga apakah belum ada sistem online dan sistematis yang dapat mempermudah pengiriman data dari kec/kel ke kabupaten bandung... Keempat apakah belum ada penataan terhadap pelayanan publik agar lebih profesional, karena seperti di cimahi disana dengan tegas dan sesuai pelayanan gratis dan pelayanan yang ramah dengan pemberian informasi yang jelas bukan dengan UUD.

Jawaban dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil :

Selamat Siang,
terima kasih atas informasinya, perlu diinformasikan bahwa Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan tidak dikenakan Biaya (GRATIS)

Ryan Ferdian

Dengan Hormat, Dengan ini saya mempertanyakan kapan tersedianya blanko untuk permohonan pembuatan KTP di kecamatan dayeuhkolot, karena sejak bulan Juni saya berencana meng-update KTP karena saya telah berpindah kelurahan tetapi dengan kecamatan yang sama, tetapi oleh petugas pembuatan KTP di kecamatan Dayeuhkolot saya dipersilahkan datang pada akhir agustus 2015 dikarenakan pada saat itu bulan juni 2015 blanko KTP belum tersedia.. yang saya sesalkan saat ini adalah pada saat saya datang ke kecamatan dayeuhkolot pada 26 Agustus 2015, menurut petugas ternyata blanko KTP tersebut belum tersedia, dan saya dipersilahkan datang kembali pada bulan oktober 2015. Disini saya sangat kecewa dengan pelayanan di kabupaten bandung, khususnya di kecamatan dayeuhkolot. yang saya ingin pertanyakan sekarang adalah : 1. Mengapa pelayanan kepada masyarakat khususnya pembuatan KTP sepertinya dipersulit ? 2. Kapan pemerintah kabupaten bandung bisa meyakinkan warganya untuk bisa mempermudah pembuatan KTP? 3. Saya berharap kepada para pihak di kabupaten bandung, khususnya kecamatan dayeuhkolot agar bisa memberikan kabar kesiapannya untuk melakukan penyediaan blanko KTP tersebut secepatnya. 4. Saya harap kalau blanko KTP sudah tesedia, pihak yang terkait di kabupaten bandung / kecamatan dayeuhkolot bisa langsung menghubungi saya di nomor telepon 085773732212 secepatnya. Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih. Ryan Ferdian.

Jawaban dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil :

Selamat Siang,
Terima Kasih atas Informasinya, Perlu Diinformasikan bahwa ketersediaan Blangko KTP baik didaerah/pusat belum ada dan sebagai gantinya diterbitkan Surat Keterangan Pengganti KTP untuk berbagai keperluan, untuk itu silahkan yang bersangkutan bisa datang ke Disdukcapil / Kecamatan dengan membawa FC KK dengan NIK sudah tercantum didalam KK untuk diproses.

Agus Prasetyono

Assalamualaikum wr.wb. Tanpa mengurangi rasa hormat kepada yang berwenang ijinkan saya mengajukan pertanyaan sekaligus pengaduan. Singkatnya begini, di tahun 2013 saya bersama keluarga berkunjung ke jawa tengan (kab.Cilacap) dan istri tengah mengandung, karena suatu hal harus operasi cesar di rumah sakit Cilacap. Saya minta bantuan pihak rumah sakit untuk menguruskan Akta Kelahiran dan mereka tidak menyanggupi karena tidak ada jasa untuk pengurusan akta terlebih karena Kartu Keluarga saya adalah warga kab.Bandung. Setelah anak dan keluarga saya kembali ke Bandung, saya segera mengurus Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran sesuai prosedur dari RT, RW sampai Kelurahan, kemudian sampailah ke Kantor DisDuk kab. di Soreang. Jarak tempuh lumayan jauh karena saya tinggal di kec.Cilengkrang(Bandung Timur)dan terpaksa bolos kerja. Alhasil usaha saya gagal alias "ditolak" karena: 1. Nama anak harus muncul di KK 2. Harus ngurus Akta di tempat lahir ---->>> kemudian saya pulang dengan tangan hampa menuju kecamatan berusaha mengurus KK dan alhamdulillah meskipun sementara Nama anak saya bisa dimunculkan (tulis tangan) di KK yang diparaf petugas kecamatan karena waktu itu ada kepentingan untuk mengurus Asuransi juga di tempat kerja. ---->> Saya kembali ke kelurahan (kantor desa Jatiendah)dan ditemui seorang petugas yang menyanggupi untuk membantu. Berbulan-bulan ditunggu gak ada kabar dan setelah berhasil ditemui dengan enteng dia bilang : berkasnya hilang keambil orang lain. semua berkas saya dianggap hilang lengkap dengan KK aslinya sehingga saya hanya punya copynya saja. ---->> setahun kemudian 2014 ada pengurusan massal di kantor kelurahan, kembali saya masukkan berkas, saya tunggu berbulan lamanya dan ternyata terulang kembali: Berkasnya hilang (kata petugas kelurahan) ---->> bulan berikutnya saya ijin kerja untuk mencari petugas tersebut, saya minta bukti minimal KK-nya jadi duluan dan jawabnya: Itu masalah mudah dan gampang bisa cepet. ---->> dan.... sampai saat ini anak saya sudah 2 tahun lebih ---->> jangankan Akta Kelahiran , Kartu Keluargapun tidak ada ( semua itu hanya omong doang???? ) ---->> intinya saya sudah hilang kesabaran dan kelalaian saya jika waktu itu saya mendapatkan bukti penyerahan berkas dan kwitansi pembayaran biayanya ( sayangnya tidak ada)saya akan memperkarakan masalah ini, sayangnya saya tidak punya bukti. Saya sudah dirugikan baik waktu, biaya maupun tenaga dan kepentingan saya akan surat-surat tersebut (untuk asuransi, keperluan tempat kerja dsb.). ---->> itu lah sekelumit cerita kebenaran sebagai pengaduan saya, pertanyaannya adalah HARUS BAGAIMANA??. sebagai WNI yang patuh akan aturan saya menyatakan Protes atas ketidak nyamanan palayanan administrasi yang berhubungan dengan administrasi Kependudukan. Masukan dari saya: 1. untuk proses kasus khusus pembuatan Akta Kelahiran bisa dilayani dimanapun sebagai penduduk yang legal, toh masih di Indonesia, tidak harus ditempat lahir. (bagaimana jika terjadi kelahiran di luar pulau terpencil yang nun jauh disana????) 2. ada penanganan kasus terkait setelah ada pengaduan. Semoga ini menjadi koreksi dari berbagai pihak yang terkait, terimakasih atas perhatiannya. Wasalam; Agus Prasetyono

Jawaban dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil :

Selamat Sore, 
Mohon maaf atas keterlambatan menjawab dikarenakan kendala teknis 

Warga Kabupaten Bandung (Kec.Cilengkrang) Lahir Di Cilacap dan mempunyai Surat Kenal Lahir Di Cilacap, jadi yang dipakai adalah Azas Tempat Tingal (Kab.Bandung) meskipun Lahir Di Cilacap.

yang bersangkutan harus melakukan : 
Input / Penambahan Biodata ke Dalam KK untuk mendapatkan NIK di Kecamatan Cilengkrang
setelah itu ke Disdukcapil untuk dibuatkan Akta Kelahiran berikut Syaratnya :

  1. Surat Kenal Lahir ( dari Cilacap )
  2. FC Surat Nikah Suami Istri
  3. FC KTP Suami Istri
  4. FC KK ( sudah tercantum NIK Nama Bayi yang dibuatkan akta )
  5. FC KTP 2 Orang Saksi

GRATIS tidak dipungut biaya, harus yang bersangkutan tidak boleh diwakilkan kecuali yang terantum di dalam KK 

 

BERITA LAINNYA
Sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) nomor 23 Tahun 2017,
Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bandung tahun 2018, sudah dimulai sejak bulan Sept