Target TMMD 100 Persen Tercapai

Rabu, 15 Agustus 2018

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102 sudah selesai. “Alhamdulillah hari ini kegiatan TMMD sudah selesai dilaksanakan, dan respon dari masyarakatpun sangat tinggi,” ungkap Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nur Cahyanto, MSc saat menutup kegiatan TMMD di Desa Cibereum Kecamatan Kertasari, Rabu (8/8).

Kegiatan yang dilaksanakan selama satu bulan tersebut dinilai telah memenuhi target. “Dari laporan Dandim bidang Satgas, semua target yang dilaksanakan telah 100 persen tercapai. Nanti kami akan melihat langsung hasil yang telah dikerjakan Satgas TMMD selama satu bulan kebelakang,” tambahnya.

Dirinya melanjutkan, pelaksanaan kegiatan tersebut akan ditambah menjadi tiga kali dalam setahun. “Kegiatan TMMD yang semula rutin digelar sebanyak dua kali, tahun depan akan ditambah menjadi tiga kali dalam setahun,” lanjut Kasdim III/Siliwangi.

Sementara untuk sasaran TMMD, ia menjelaskan akan memperhatikan daerah-daerah yang tertinggal. “Untuk sasarannya berawal dari kebutuhan masyarakat yang nantinya diwadahi oleh Bupati dan kemudian dikoordinasikan dengan Kodim. Dari situlah akan diadakan peninjauan, pengkajian, kemudian baru diputuskan sasaran mana yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat,” papar Nur Cahyanto.

Selain itu, Kasdim III/Siliwangi meminta masyarakat untuk menjaga semua fasilitas yang telah dibangun. “Saya ucapkan terimakasih kepada Bupati Bandung, Polri, instansi serta masyarakat Desa Cibereum yang telah membantu kami. Saya juga berpesan kepada masyarakat untuk memelihara apa yang sudah dikerjakan agar dipelihara agar manfaatnya bisa dirasakan dalam jangka waktu yang lama,” ujarnya.

Pada acara yang sama, Komandan Kodim 0609 Andre Wira menjelaskan sasaran fisik yang telah dicapai. “Pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 1.440 meter kali lima meter, plat beton deker enam meter kali dua meter, pembuatan TPT (Tempat Pelayana Terpadu) di tiga titik, penetrasi jalan 600 meter kali lima meter,” jelasnya.

Untuk sasaran titik tambahan meliputi rabat beton sepanjang 315 meter di Kampung Dangdang Rw 1 dan 3, tugu TMMD, renovasi MCK serta tempat wudhu dan yang lain sebagainya.

Dirinya juga menambahkan sasaran non fisik pada kegitan TMMD ke 102 tersebut. “Sasarannya meliputi sosialisasi wawasan kebangsaan, bimbingan teknis konservasi sumber daya air dan bantuan alat lubang biopori, sosialisasi perundang-undangan penanggulangan bencana, latihan industri kecil, latihan pengenalan keselamatan berlalu lintas, penyuluhan pelatihan rias pengantin, pelatihan kampung siaga, penyerahan bibit ikan mas dan nila, penyerahan bibit domba, pelayanan KB, pelayanan KK, perekaman e-KTP, akte kelahiran, pengobatan gratis,” papar Andre.

Andre juga menjelaskan untuk TMMD tahun ini sebanyak 150 Personel Satuan Setingkat Kompi (SKK) dikerahkan. “40 orang dari Dansatgas dan staf tim teknis, TNI serta Polri sebanyak 110 orang, serta masyarakat Desa Cibereum. Untuk anggaran kegiatan sendiri berasal dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kabupaten Bandung,” tambahnya.

Sementara Bupati Bandung H. Dadang M Naser, SH., Sip., M.Ip menilai, kegiatan tersebut memiliki program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. “Program yang digagas sangat bermanfaat dan membantu percepatan pembangunan di Kabupaten Bandung, terutama daerah-daerah yang tadinya sulit untuk dijangkau, bersama TNI menjadi mudah,” papar Bupati.

Selain itu, dirinya mengucapkan terimakasih kepada TNI atas adanya kegiatan TMMD. “Kami masyarakat Kabupaten Bandung berterimakasih untuk bakti TNI atas kemanunggalan dalam bentuk TMMD. Diharapkan keiatan seperti ini bisa digelar tiap tahun di berbagai titik di Kabupaten Bandung," pungkas Bupati Bandung

Sumber : Humas Pemkab Bandung

BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
Kecamatan Margahayu, yang mewakili Kabupaten Bandung pada Penilaian Sinergitas Kinerja Kecamatan tin
Pemkab Bandung Upayakan Penanganan Komprehensif Sebagai salah satu daerah rawan bencana, Kabupate