Sabilulungan, Manifestasi Pancasila Di Kabupaten Bandung

Senin, 07 Oktober 2019

Bupati Bandung H.Dadang M.Naser memandang nilai-nilai yang tertanam dalam Pancasila termanifestasikan dalam moto pambangunnannya di Kabupaten Bandung, Sabilulungan.

Sebagai ideologi negara, Pancasila mempersatukan berbagai macam suku dan agama. Walau berbeda bahasa dan budaya, namun kata Bupati melalui Pancasila dapat dipersatukan dengan satu tujuan yakni memupuk kebersamaan untuk menuju kejayaan Indonesia.

Pancasila dipandang dari sudut agama, tambah Bupati Dadang Naser melaksanakan ajaran-ajaran agama. Sementara dari aspek sosial juga ditanamkan rasa perhatian kepada sesama manusia. Hal itu, menurutnya terkristalisasikan juga dalam Sabilulungan.

“Persatuan dan kebersamaan ini, saya kristalisasikan ke dalam sebuah semangat. Menjadi tagline kita semua, Sabilulungan yang berarti gotong royong, seiya sekata, seayun selangkah dalam menjalankan proses pembangunan di Kabupaten Bandung,” ucap Bupati Dadang Naser disela-sela kegiatan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Pemerintah Kabupaten Bandung, yang berlangsung di Lapangan Upakarti Soreang, Selasa (01/10).

Bupati menjelaskan, Kabupaten Bandung sebagai sebuah daerah yang terus berkembang. Memiliki tujuan untuk mencapai pembangunan ke arah yang lebih baik. Partisipasi masyarakatpun dalam pembangunan imbuh Dadang Naser dibutuhkan.

“Pemerintah dan masyarakat bersinergi, Aparatur Sipil Negara (ASN) juga harus solid yang terbingkai dalam semangat kearifan lokal tersebut. Karifan lokal yang sangat bernuansa agama islam, silh asah, silih asuh, silih asih, nyaah ka sasama”, tuturnya.

Dalam kesempatan itu, dia mengapresiasi keberadaan Organisasi Kepemudaan (OKP) seperti Angkatan Muda Siliwangi (AMS), Pemuda Pancasila, Gibas, Agotak dan OKP lainnya. Dadang meminta, organisasi kepemudaan itu dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dalam proses pembangunan.

“Jika melihat tetangga kita yang membutuhkan pertolongan segera bantu dengan kemampuan yang ada. Menyampaikan kritikan, keluhan, saran dan aspirasi juga merupakan salah satu penerapan dari Pancasila. Silahkan sampaikan kepada Kami selaku pengambil kebijakan, selama segala aspirasi dan kritikan itu demi kemajuan pembangunan Kabupaten Bandung,” pungkasnya

Sumber : Humas Pemkab Bandung

BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
Momentum Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober, dimaknai Bupati Bandung H.
Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, S.H, S.Ip, M.Ip meninjau dua titik desa terdampak bencana angin k