Rentang Sebulan, Pembangunan RSUD Soreang Capai 1,88%

Jumat, 13 September 2019

Setelah ground breaking (pemancangan tiang pertama) diresmikan Bupati Bandung H. Dadang M. Naser pada 1 Agustus 2019 lalu, progres pengerjaan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soreang selama satu bulan ini mencapai 1,88%.

Hal itu terungkap, saat Wakil Bupati (Wabup) Bandung H. Gun Gun Gunawan melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan proyek multi years senilai Rp. 324 miliar, yang berlokasi di Jalan Gading Tutuka Desa Cingcin Soreang tersebut.

“Peninjauan ini merupakan bentuk pengawasan dan harapan percepatan. Karena untuk pembangunan RSUD di lokasi ini, telah lama direncanakan dan disiapkan. Alhamdulillah, atas izin Allah dan juga ikhtiar Pak Bupati, RSUD, TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) dan DPRD, pada tahun ini pembangunan bisa dimulai dan diharapkan tahun depan bisa rampung,” ucap Wabup Gun Gun di sela-sela peninjauan, Rabu (4/9/2019).

Wabup berharap, pembangunan RSUD yang ditargetkan rampung pada November 2020, dapat terealisasi. Mengingat pada peninjauan kali ini, dari target pengerjaan 1,20% telah tercapai progres sebesar 1,88%, sehingga terdapat percepatan sebesar 0,69%.

“Tadi tim manajer konstruksi (MK) menyatakan, sampai akhir tahun 2019 ini progres pengerjaan ditargetkan mencapai 34%. Pada Desember nanti, rangka struktur bangunan sudah bisa terlihat. Masyarakat dapat mengawasi langsung secara kasat mata, andai targetnya tidak tercapai,” terang Wabup didampingi Direktur RSUD Soreang dr. H. Iping Suripto W., anggota DPRD Kabupaten Bandung H. Wawan Ruswandi dan Ahmad Zaenal Sabarudin, serta Camat Soreang Rusli Baijuri.

Dengan adanya target tersebut, dibutuhkan komitmen dari seluruh stakeholder yang terlibat untuk sama-sama mengawal dan melakukan pengawasan. Terkait teknis pengerjaan, kata Gun Gun, pihaknya menyerahkan sepenuhnya pada tim MK.

“Tim MK pun telah melakukan uji laboratorium terhadap struktur tanah, untuk mengantisipasi adanya penyusutan tanah saat pengerjaan memasuki musim penghujan. Kami dari pihak pemerintah, akan terus mengawal proses-proses percepatan ini, dan diharapkan RSUD ini nantinya bisa menjawab kebutuhan pelayanan kesehatan di Kabupaten Bandung,” tutup Gun Gun.

Sementara itu MK pembangunan RSUD Jack Narsio menerangkan, pada jadwal yang telah ditetapkan tanggal 30 Desember 2019 ini rangka bangunan ditargetkan selesai. “Saat ini dilakukan pengerjaan untuk Gedung B, dimana tiang pancangnya kami kerjakan dengan kedalaman berkisar 24 meter. Total pekerja mencapai 63 personil, dan akan terus kami tambah sesuai kebutuhan pengerjaan,” terang Jack Narsio.

Terkait waktu, pihaknya melakukan pengerjaan hingga pukul 24.00 WIB. Namun untuk tahap pengecoran dilakukan non-stop. “Alhamdulillah sampai saat ini zero accident (tidak ada kasus kecelakaan kerja),” pungkas Jack.

Sumber: Humas Pemkab Bandung

BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung menerima penghargaan atas opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung mengajak seluruh bunda literasi kecamatan, desa atau kelurahan