PIK-R Bintang Cimaung Pelopor Ekskul Pendukung Program PKBR

Kamis, 01 Maret 2018

Siswa siswi SD Panghegar, Cipinang 1 dan 2 dan SD Pangkalan Kecamatan Cimaung mendapatkan santunan sebagai salah satu kegiatan bakti sosial PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja) Bintang.

Santunan secara simbolis diberikan oleh Camat Cimaung Faisal Sulaeman, S.Stp, M.Si disela-sela acara Peringatan 2 Tahun berdirinya PIK-R Bintang di Aula SMPN 1 Cimaung, Rabu (28/2).

“2 tahun kiprah PIK-R Bintang tentunya masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan, jangan sampai berpuas diri pada apa yang telah diraih, terus tingkatkan peran dalam upaya mendukung suksesnya Program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga) khususnya di Kecamatan Cimaung,” ucap Camat Cimaung.

PIK-R Bintang merupakan salah satu kegiatan ekstra kurikuler (ekskul) di SMPN 1 Cimaung yang bertujuan mendukung suksesnya Program PKBR serta meminimalisir kenakalan remaja di Kabupaten Bandung khususnya di Kecamatan Cimaung.

“Generasi muda saat ini tengah menghadapi gempuran era modernisasi, teknologi informasi yang semakin canggih membuat generasi muda kecanduan dan kesehariannya sangat bergantung pada gawai (gadget), jika tidak membentengi diri dengan pendidikan mulai dari rumah dan sekolah, maka akan rentan terhadap hal-hal negatif yang besar kemungkinan timbul dari teknologi informasi,” papar Faisal.

Untuk itu lanjutnya, ekskul PIK-R Bintang yang menitikberatkan pada pendidikan pembiasaan hidup sehat, khususnya dalam menjaga kesehatan reproduksi sedini mungkin sebagai salah satu tahap paling penting dalam 5 tahap perkembangan masa remaja, merupakan upaya strategis yang dilakukan SMPN 1 Cimaung.

“Langkah kecil yang dilakukan dalam kegiatan ekskul ini, merupakan langkah awal dan ke depan menjadi langkah besar dalam membentuk generasi muda yang sehat, kuat dan mampu menghindarkan diri dari hal-hal negatif yang ditimbulkan era modernisasi,” katanya.

Dari kegiatan ekskul ini diharapkan PIK-R Bintang akan mencetak Konsultan Teman Sebaya dalam mendukung PKBR karena biasanya seorang remaja akan lebih nyaman mencurahkan isi hatinya kepada teman ketimbang kepada orangtua atau gurunya.

Dia mengucapkan terimakasih atas kiprah PIK-R Bintang Cimaung selama ini, dan berharap para anggotanya menjadi pelopor generasi muda di Kabupaten Bandung.

"Selamat Milad ke-2 buat PIK-R Bintang Cimaung, semoga menjadi pelopor bagi generasi muda khususnya di Kecamatan Cimaung. Saya menghimbau kepada generasi muda untuk berani mengatakan TIDAK pada NARKOBA, pada SEKS BEBAS dan pada PERNIKAHAN USIA DINI," ucap Camat Cimaung.

Dalam acara ini turut hadir Kasie Ketahanan Remaja DP2KBP3A (Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) Kabupaten Bandung Yogaswara, Pembina PIK-R Provinsi Jawa Barat Dadan Zaenal, Pembina PIK-R Kabupaten Bandung Kang Wawan, staf pengajar SMPN 1 Cimaung, anggota PIK-R Bintang serta siswa siswi SMPN 1 Cimaung.

Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2TP2A) Kabupaten Bandung Hj. Kurnia Agustina Dadang M Naser sangat mengapresiasi kiprah PIKR Bintang sebagai media kampanye GenRe (Generasi Berencana) di SMPN 1 Cimaung.

“Meski baru menginjak tahun ke-2 namun upaya PIK-R Bintang ini patut diapresiasi, terutama dalam melakukan pendekatan dan menanamkan pemahaman kepada siswa mengenai cara hidup sehat, karena pengetahuan dan kesehatan merupakan modal penting untuk mempersiapkan generasi muda dalam menyongsong pembangunan di masa yang akan datang,” Imbuh istri Bupati Bandung ini saat dikonfirmasi.

Teh Nia, sapaan akrabnya, berharap langkah yang diambil SMPN 1 Cimaung tersebut bisa menjadi motivasi bagi sekolah lain untuk mengadopsinya.

Keterampilan Hidup (Life Skills) yang diberikan dalam ekskul ini akan membentuk remaja yang kreatif, inovatif dan produktif.

“Saya berharap sekolah lain di Kabupaten Bandung juga bisa mengadopsi langkah yang diambil SMPN 1 Cimaung guna menanamkan Life Skills kepada para remaja dalam membentuk generasi muda yang mandiri, kreatif, inovatif dan produktif,” pungkas Teh Nia.

Press Release Kominfo Setda.

BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
Dalam menerapkan Program “Bandung 1000 Kampung”, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung m
SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) yang telah diterapkan oleh Pemerintah Kabup