Pemkab Bandung Imbau Warga Waspadai Virus Corona

Selasa, 28 Januari 2020

Menyikapi isu penyebaran virus corona, Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengimbau warga untuk berhati – hati terhadap virus yang dianggap mematikan itu.

Kepala Dinkes Kabupaten Bandung drg. Grace Mediana Purnami mengungkapkan, saat ini pihaknya telah melakukan langkah preventif dalam upaya mencegah penyebaran virus corona di Kabupaten Bandung, salah satunya dengan membuat surat edaran tentang kesiapsiagaan pencegahan dan penanggulangan virus corona ke setiap puskesmas.

“Berdasarkan surat dari Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI dan Dinkes Provinsi Jawa Barat, dijelaskan bahwa seluruh jajaran dinkes kabupaten/kota harus melakukan deteksi, pencegahan, respon dan antisipasi munculnya virus corona. Menindaklanjuti surat tersebut, Dinkes Kabupaten Bandung akan mengedarkan surat imbauan ke setiap puskesmas untuk mencegah dan menanggulangi penyebaran virus corona,” papar Grace saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (27/1/2020).

Grace menyebutkan, virus yang berasal dari Cina tersebut mirip dengan virus penyebab Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Middle East Respiratory Syndrome (MERS).

“Corona virus adalah virus baru yang menyerang saluran pernafasan manusia. Gejalanya pun sulit dikenali karena mirip dengan flu pada umumnya, seperti batuk pilek, gangguan pernafasan, sakit tenggorokan, demam serta letih dan lesu,” ungkapnya.

Dirinya mengungkapkan, sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan adanya masyarakat Kabupaten Bandung yang positif terkena virus corona.

“Alhamdulillah, di Kabupaten Bandung sendiri belum ada kasus. Kemarin sempat ada laporan beberapa warga yang diduga terjangkit virus corona, namun ketika di cek ternyata negatif. Jika kedepannya ada, kami akan rujuk langsung ke RSHS (Rumah Sakit Hasan Sadikin) dan RS Paru Rotinsulu,” jelas Grace.

Guna mencegah terjangkitnya virus tersebut, dirinya mengimbau agar masyarakat mengimplementasikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), seperti Cuci Tangan Pake Sabun (CTPS), konsumsi gizi seimbang, rajin olahraga serta cukup istirahat.

“Tak hanya itu, masyarakat juga bisa menerapkan Etika Batuk, misalnya menggunakan masker, tutup mulut dan hidung ketika batuk, tutup mulut dan hidung dengan tisu, buang tisu ke tempat sampah dan mencuci tangan dengan air mengalir juga sabun,” urai Grace.

Sumber : Protokol dan Komunikasi Pimpinan

BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
Sebesar 70% atau 3.026 dari 4.299 pos pelayanan terpadu (posyandu) di Kabupaten Bandung, berstrata m
Akselerasi pembangunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung tidak terlepas dari peran serta unsur p