Pemkab Bandung Ikut Meriahkan Bubos

Selasa, 28 Mei 2019

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung bersama sejumlah komunitas dan puluhan anak yatim ikut meriahkan acara Buka Bersama On The Street (Bubos) yang digelar di Bale Rame Soreang, Sabtu (25/5/2019).

Disela kegiatan tersebut, Bupati Bandung H. Dadang M Naser, SH., S.Ip., M.Ip kembali mengingatkan Gerakan Sejuta Muzaki yang sudah dilaksanakan pemerintah daerah selama dua tahun terakhir.

“Kami berterimakasih kepada Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Bandung yang telah amanah dalam mengurus dan menyalurkan zakat. Selain itu, kami juga meminta bantuan kepada rekan-rekan gerakan Pramuka, Badega dan komunitas lainnya untuk ikut mensosialisasikan pentingnya zakat kepada masyarakat di Kabupaten Bandung,” pinta bupati.

Dirinya memaparkan, sebanyak 96% masyarakat Kabupaten Bandung memeluk agama islam. Melihat hal tersebut bupati berpendapat, dana yang terkumpul dapat digunakan untuk mendanai kegiatan keagamaan dan sosial masyarakat.

“Jika masyarakat Kabupaten Bandung membayar zakat sebesar Rp.100.000 per tahun ke Baznas, dikali tiga juta penduduk, maka Kabupaten Bandung dapat mengumpulkan sebanyak 3 miliar hanya dari zakat saja. Dana tersebut nantinya bisa digunakan untuk mendukung kegiatan keagamaan dan sosial masyarakat,” jelasnya.

Potensi zakat di Kabupaten Bandung sendiri, menurut Dadang seperti raksasa yang sedang tidur, yang bila dibangunkan akan menjadi potensi luar biasa bagi peningkatan kesejahteraan umat.

"Sasaran dari program ini adalah para muzaki yang ada di lingkungan perkantoran, sekolah/madrasah, organisasi, paguyuban, pengusaha, pertanian serta profesi lainnya. Ini akan cepat terwujud jika wadah penyalurannya mudah ditemui," ujar Dadang.

Pada kesempatan tersebut, dirinya juga meminta Baznas Kabupaten Bandung untuk mempersiapkan manajemen yang dapat mendukung gerakan sejuta muzaki.

“Jika semua masyarakat sudah mulai sadar untuk membayar zakat, sekarang tinggal manajemennya yang dipersiapkan. Sehingga capaian sejuta muzaki itu akan segera tercapai dan dana yang terkumpul akan besar,” imbaunya.

Bubos sendiri merupakan program adopsi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Untuk tahun ini, kegiatan tersebut serentak dilaksanakan di 27 kabupaten/kota di Jabar dengan mengusung tema ‘Kebersamaan dalam Keikhlasan’.

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur Jabar Ridwan Kamil juga menyapa para kepala daerah kabupaten/kota dan warga yang menggelar Bubos melalui konferensi video.

BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia, Ir. Nilant
Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari siap wakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung dalam ajang Lom