Pemkab Bandung Bentuk Desa Pangan Aman

Kamis, 05 Desember 2019

Guna menjaga keamanan pangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Bandung melaksanakan Program Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD).

Dalam kegiatan tersebut, pemerintah daerah dan BBPOM membentuk kader keamanan desa yang terdiri dari guru, pelaku usaha, karang taruna dan organisasi kepemudaan.

“Tak hanya itu, kami juga telah membentuk desa paman (pangan aman), pasar aman dari bahan berbahaya dan pramuka saka (sadar pangan aman),” ucap Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Drs.Teddy Kusdiana, M.Si di sela – sela kegiatan Workshop Perkuatan Kapasitas Desa di Grand Sunshine Soreang, Selasa (3/12/2019).

Sekda berharap, workshop dapat menjadi sarana komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) yang efektif untuk meningkatkan pemahaman keamanan pangan bagi masyarakat.

Sampai saat ini, kata Teddy keamanan pangan cenderung menjadi hal yang terabaikan. Sebagian masyarakat beranggapan, selagi tidak menimbulkan keracunan maka pangan tersebut dinilai aman. Padahal, masyarakat perlu tahu, keamanan suatu pangan mutu dan gizinya juga perlu diperhatikan.

“Hal itu penting bagi pertumbuhan pemeliharaa