Maknai Filosofi Kepemimpinan Lewat Museum

Jumat, 08 November 2019

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), mengajak 200 pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dari 20 sekolah (SMA/SMK/MA) di Kabupaten Bandung untuk mengunjungi museum.

Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Kabupaten Bandung H. Iman Irianto, S.Sos., M.Ap mengungkapkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan nasionalisme serta memberikan pemahaman terkait filosofi kepemimpinan bagi pelajar.

“Alhamdulillah melalui Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan, kami mengajak para pengurus OSIS dari berbagai sekolah untuk mengunjungi museum. Tentunya, kegiatan ini bertujuan agar para pengurus OSIS dapat memahami filosofi kehidupan terutama filosofi kepemimpinan, baik dari sisi budaya, nasionalisme, politik, maupun hubungan internasional Indonesia,” ungkap Iman seusai melepas kegiatan tersebut di Bale Sawala Soreang, Selasa (5/11/2019).

Pada kegiatan yang berlangsung selama dua hari (5-6 November 2019) itu, peserta akan diajak ke tiga museum yakni, Museum Sri Baduga, Mandala Wangsit Siliwangi dan Museum Konferensi Asia Afrika.

“Ketiga museum ini memiliki nilai masing – masing. Di Museum Sri Baduga mereka akan belajar tentang budaya Sunda dan filosofi kepemimpinan Sunda. Sementara di Museum Mandala Wangsit Siliwangi, mereka dapat belajar tentang perjuangan para pahlawan dalam melawan penjajah. Dan di Museum Konferensi Asia Afrika, mereka dapat mempelajari politik serta hubungan internasional Bangsa Indonesia,” papar Kaban.

Dirinya menuturkan, melalui kegiatan tersebut pelajar diharapkan mendapatkan perenungan, pemahaman dan pembelajaran. Tak hanya itu, pihaknya juga berharap agar para peserta bisa meneladani apa yang didapatkan dari museum-museum yang dikunjungi.

“Setelah melakukan kunjungan ke tiga museum, mereka akan membuat laporan dan melakukan presentasi dihadapan peserta lainnya. Tak perlu formal, mereka cukup menceritakan nilai – nilai yang mereka dapatkan dari kegiatan ini,” imbuh Iman Irianto.

Sementara salah satu peserta, Aulia (17) mengungkapkan, dirinya sangat antusias mengikuti kegiatan kunjungan museum tersebut.

“Banyak sekali pembelajaran yang bisa kami dapatkan dari kunjungan ini. Semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahun dan kuota pesertanya bisa di perbanyak,” pungkas Aulia yang juga sebagai Wakil Ketua OSIS MA Yamisa Soreang.

Sumber : Humas Pemkab Bandung

BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
Sebesar 70% atau 3.026 dari 4.299 pos pelayanan terpadu (posyandu) di Kabupaten Bandung, berstrata m
Akselerasi pembangunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung tidak terlepas dari peran serta unsur p