Lagi, OTT Pembuang Sampah Sembarangan

Jumat, 21 September 2018

Sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring), terhadap warga yang terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) membuang sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar, kembali dilakukan.

Tiga orang warga yang tertangkap basah membuang sampah di Jalan Raya By Pass Cicalengka dan Jalan Dampit tersebut, disidang di Aula Kecamatan Cicalengka, Kamis (20/9/2018). Ketiga warga tersebut terjaring dalam penertiban yang dilakukan jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bandung pada Rabu malam (19/9/2018) sampai Kamis dini hari.

Selain sidang tipiring pelanggaran terhadap Peraturan Daerah nomor 15 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah tersebut, sidang juga dilakukan terhadap dua orang penjual minuman keras (miras) serta lima pasang orang yang dijerat tipiring prostitusi. Kepala Satpol PP Kabupaten Bandung Usman Sayogi mengatakan, penertiban dan sidang tersebut akan terus dilakukan pihaknya untuk memberantas penyakit masyarakat di Kabupaten Bandung.

“Kami secara rutin melakukan penertiban terhadap penyakit masyarakat ini, terutama terkait penjual miras yang merusak mental masyarakat dan juga prostitusi yang merusak moral generasi muda. Selain itu sebagai bentuk upaya jajaran kami terhadap pembangunan di bidang lingkungan, kami juga menangkap mereka yang masih membuang sampah di TPS liar. Semoga upaya yang dilakukan dapat membuat jera para pelaku perusak moral, mental dan lingkungan ini,” imbuh Kepala Satpol PP.

Ketiga warga asal Kecamatan Cicalengka tersebut, masing-masing dikenai denda Rp 30.000. Sementara itu dua orang asal Kecamatan Cicalengka dan Cileunyi, yang dijerat dengan hukum tipiring penjual miras diganjar denda Rp. 2 juta. Sedangkan lima pasang orang, yang juga berasal dari Kecamatan Cicalengka dan Cileunyi, terjerat hukum tipiring prostitusi dan didenda Rp. 450.000 tiap pasang.

Bertindak selaku hakim yaitu dari Pengadilan Negeri Bale Bandung Firza Andriansyah, S.H., M.H., Jaksa dari Kejaksaan Negeri Bale Bandung Remi Trisnawiyana, S.H. serta Panitera Pengganti Enang Suparman, S.H., M.H., dan Wiwin Widarmi.

Camat Cicalengka H. Entang Kurnia memberikan apresiasi kepada jajaran Satpol PP yang telah bekerja keras dalam upaya menertibkan masyarakat di wilayahnya. "Ini merupakan pembelajaran, shock therapy dan diharapkan menimbulkan efek jera bagi pelaku lainnya. Saya sangat berterimakasih kepada jajaran Satpol PP maupun Pengadilan Negeri dan Kejaksaan Negeri Bale Bandung, yang telah bersinergi dalam upaya mewujudkan pembangunan mental dan spiritual di Kabupaten Bandung, khususnya wilayah Kecamatan Cicalengka,” ujar Entang Kurnia.

Sumber: Humas Pemkab Bandung

BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
Rangkaian Millenial Road Safety Festival (MRSF) 2019, yang ditandai dengan Pataka Relay, kali ini be
Adanya sedimentasi dan penyempitan di bagian hilir Sungai Cilember di Kelurahan Melong dan Cimahi Te