Kurnia: ‘PAUD, Langkah Awal Anak Dalam Pendidikan’

Senin, 28 Januari 2019

PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan salah satu media anak untuk belajar, sebagai langkah awal dalam dunia pendidikan. PAUD dinilai dapat membantu anak beradaptasi dan bersosialisasi dengan lingkungan, serta mempersiapkannya untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Hal itu disampaikan Bunda PAUD Kabupaten Bandung Hj. Kurnia Agustina Dadang M. Naser saat meresmikan Gedung PAUD Percontohan di Desa Soreang Kecamatan Soreang, Kamis (24/01/2019).

“Dengan belajar di PAUD, anak akan mampu mengenal dan beradaptasi dengan dunia pendidikan. Ketika sering berinteraksi dengan guru dan teman sebaya, kemampuan beradaptasi serta kepercayaan diri pada anak akan semakin tumbuh,” ungkap Kurnia Agustina.

Menurut Teh Nia, begitu biasa Ia disapa, usia dini merupakan masa keemasan dalam perkembangan anak, karena pada fase ini sikap dan karakternya akan terbentuk. Di PAUD, lanjutnya orangtua akan terbantu dalam mengawasi proses perkembangan buah hatinya.

“Guru berperan penting dalam membantu orangtua untuk membentuk karakter anak. Dengan kompetensi yang dimilikinya diharapkan sifat dan sikap anak yang positif akan terus tumbuh,” ujarnya.

Teh Nia juga berharap keberadaan Gedung PAUD percontohan dapat benar-benar memberikan manfaat untuk lingkungannya.

“Saya harap sarana kelembagaaan pendidikan yang sudah terbentuk, bisa memperhatikan akses menuju sekolah serta fasilitas lainnya yang ramah anak. Mudah-mudahan sesuai dengan namanya, PAUD percontohan menjadi teladan dan rujukan untuk PAUD-PAUD lain yang ada di Kabupaten Bandung,” tambahnya pula.

Senada dengan hal itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Bandung Dr. H. Juhana mengungkapkan, PAUD harus mampu mempunyai nilai jual yang tinggi serta dapat mencetak generasi yang lebih maju.

“Kualitas PAUD sangat penting, karena merupakan lingkungan kedua yang dimasuki anak setelah keluarga. Di sini karakter anak akan terbentuk, oleh karenanya pengelolaannya harus baik serta dapat memberikan nilai jual yang tinggi,” tegas Juhana.

Dirinya juga berharap ada lebih banyak lagi PAUD-PAUD percontohan di Kabupaten Bandung. “Pembangunan PAUD ini fokus di pedesaan. Kami targetkan satu Kecamatan satu PAUD dulu, harapan ke depannya bisa dibangun satu Desa satu PAUD,” pungkasnya.

Sumber: Humas Pemkab Bandung

BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik di tingkat desa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung me
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bandung menyatakan sangat mendukung program Bupati Band