Konseptor Berperan Penting Dalam Menginformasikan Visi Misi Kepala Daerah

Rabu, 30 November 2016

Seorang konseptor atau penyusun naskah harus memiliki wawasan luas, terutama dalam mengolah bahasa informatif mengenai visi misi pembangunan. Hal itu dikatakan Bupati Bandung H. Dadang M.Naser,SH,S.Ip.,M.Ip saat pembukaan Seminar Pengembangan Kapasitas Jejaring Kerja Penyusun Naskah Gubernur dan Bupati/ Walikota Se-Jawa Barat di Hotel Sutan Raja Soreang, Senin (28/11).

“Konseptor itu harus cerdas, berwawasan luas termasuk menginformasikan visi misi kepala daerah. Dia akan mengajak dan mempengaruhi audiens melalui naskah yang disusun, tentu saja dengan pengolahan data, kata / kalimat yang baik dan benar,” ucap Dadang.

Menurutnya, seorang konseptor akan menghasilkan naskah yang berbobot jika Ia juga memiliki kemampuan koordinatif dalam mengolah data, yang selanjutnya akan dijadikan bahan naskah.

“Selain kemampuan menulis dan wawasan, konseptor akan sering melakukan koordinasi dan konsolidasi dalam menghasilkan data bahan naskah,” imbuh dia.

Naskah yang disajikan lanjut Dadang, harus memiliki content menarik dengan melibatkan isu strategis bagi pembangunan, yang diusung kepala daerah. Kendati demikian, tentu saja harus berisi juga materi pendukung dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah) sebagai penyelenggara kegiatan.

Pada kesempatan yang sama, Bupati menyambut baik atas diselenggarakannya seminar ini, karena kata Dia, kegiatan ini merupakan media untuk menambah pengetahuan dan wawasan luas mengenai tuntunan sebagai konseptor handal.

Menanggapi hal ini, Asisten Administrasi Provinsi Jawa Barat DR.H.Mohamad Solihin.,M.Si menyampaikan bahwa Forum Konseptor ini ke depannya akan dilakukan secara rutin, selain sebagai ajang silaturahmi, seminar dilakukan juga sebagai sarana komunikasi dan koordinasi bagi sesama penyusun naskah kepala daerah di Jawa Barat.

“Seminar pengembangan kapasitas dan jejaring kerja penyusun naskah ini, diikuti oleh 60 peserta dari unsur kehumasan Sekretariat Daerah Se Jawa Barat, dengan harapan akan menghasilkan konseptor yang handal bagi terinformasikannya visi misi kepala daerah di masing-masing Kabupaten/Kota Se Jawa Barat,” pungkas Mohamad.

Press Release Humas Setda Kabupaten Bandung
BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
Bupati Bandung H. Dadang M. Naser melantik dan mengangkat sumpah sebanyak 332 Pegawai Negeri Sipil y
Jelang peringatan Hari Raya Idul Adha 1440 H, Bupati Bandung H. Dadang M. Naser menerbitkan Surat Ed