Ketua FKBS Raih Penghargaan dari ORI

Rabu, 15 Agustus 2018

Sebagai penggagas Sabilulungan Deteksi Dini Kanker Serviks melalui Iva Test dengan peserta terbanyak, Ketua FKBS (Forum Kabupaten Bandung Sehat) Hj. Kurnia Agustina Dadang M. Naser menerima penghargaan dari ORI (Original Record Indonesia), bertepatan dengan pelaksanaan Gebyar Sabilulungan Gerakan Soreang Sadar Iva Test (Si Gessit) yang berlangsung di GOR KONI Soreang, Sabtu (11/8/2018).

Selain itu, Ibu yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bandung itu dinobatkan sebagai Duta Pemerhati Kesehatan Perempuan Indonesia oleh Tim ORI.

Kegiatan Inspeksi Visua Asetat (IVA) test yang digagas, sudah dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Bandung. Salah satunya di Kecamatan Soreang, yakni di Puskesmas Soreang, Puskesmas Sukajadi, Poskesdes Panyirapan dan Poskesdes Karamatmulya dan dilakukan sejak bulan Juli 2018 dengan jumlah peserta sebanyak 1084 orang.

Ketua FKBS mengajak kepada seluruh perempuan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Bandung agar sedari dini sadar mengenai bahaya kanker serviks sebagai penyakit paling mematikan.

“Kanker leher rahim adalah penyakit yang paling ditakuti kaum perempuan. Karenanya sedari dini kita harus mengetahui bahayanya, pencegahan dan kalau bisa informasinya diteruskan kepada keluarga,” ajaknya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung lanjutnya, tercatat ada 600 ribu perempuan usia subur yang menjadi sasaran program IVA test.

“Di Kecamatan Soreang, semuanya support untuk pembangunan SDMnya. Mulai dari dukungan anggaran Pemkab, Kecamatan, APBDes, CSR juga para suami yang memberi semangat agar para istri ini mengikuti deteksi dini kanker serviks. semoga dapat menginspirasi daerah lain untuk melakukan gebyar iva test juga secara serentak,” imbuh Teh Nia.

Sementara itu, Camat Soreang Rusli Bajuri mengungkapkan Gebyar Si Gessit digagas sebagai bentuk kepedulian dan dukungan terhadap peningkatan kesehatan perempuan Indonesia, khususnya di Kecamatan Soreang.

“Program ini sejalan dengan visi misi Forum Kabupaten Bandung Sehat, yakni mendorong dan menggali masyarakat berperan serta secara aktif dalam mewujudkan Kabupaten Bandung yang sehat. Untuk itu, FKKS (Forum Komunikasi Kecamatan Sehat) Kec.Soreang melaksanakan kegiatan ‘Gebyar IVA Test Tingkat Kecamatan Soreang Tahun 2018’.

Dia berharap, kegiatan tersebut bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang penyakit kanker leher rahim dan pencegahannya, serta terdeteksi secara dini.

“Selain itu, penanganan dini terhadap kasus kanker leher rahim, tersosialisasinya pencegahan dan meningkatnya jejaring Puskesmas dalam kegiatan promotif preventif pencegahan kanker leher rahim,” pungkasnya.

Sumber : Humas Pemkab Bandung

BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
Rencana reaktivasi jalur kereta api ke Ciwidey, oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar
“September adalah bulan membaca dan tanggal 14 merupakan hari kunjungan perpustakaan, ayo data