Bupati Minta RSUD Soreang Tingkatkan Kualitas Pelayanan

 

     Menurut Dadang  Naser, perbaikan pelayanan sektor publik jelas merupakan kebutuhan yang mendesak dalam rangka reformasi birokrasi untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Hal tersebut dapat dilakukan melalui peningkatan kualitas pelayanan prima. 

     “ Berikan jaminan kepada masyarakat bahwa mereka akan mendapatkan pelayanan  dalam kualitas yang dapat dipertanggungjawabkan..”, ungkap Dadang Naser, saat membuka seminar Service Excelent Trainning, Kamis (05/05), berlangsung di Gedung Korpri Komplek Perkantoran Pemkab-Soreang. Seminar ini di ikuti sekitar 150 peserta, seluruh unsur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soreang, yang terdiri dari para medis, administrasi, manajemen, security dan unsur penunjang lainnya.

     Bupati Dadang Naser berharap, melalui kegiatan ini dapat merubah kondisi dan mental para birokrat yang masih memiliki anggapan bahwa mereka harus dilayani ketimbang melayani masyarakat. Mereka adalah abdi negara dan masyarakat yang harus mampu memberikan sumbangsih dan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat. Dadang juga menaruh harapan, melalui seminar ini para peserta mampu memahami dan membangun paradigma baru tentang arti pelayanan prima dengan pembaharuan pola pikir sesuai tuntutan lingkungan sumber daya yang ada di RSUD Soreang.

     Terkait dengan ketidakpuasan warga atas pelayanan medis dari rumah sakit, baik dari segi sikap maupun prilaku, menurut Dadang hendaknya menjadi perhatian khusus bagi semua unsur RSUD Soreang bahwa pelayanan prima layak diberikan, mengingat persaingan yang semakin berat diantara rumah sakit. Ia mencontohkan, perawat yang tampil ramah, sopan dan santun terhadap masyarakat, itu sudah termasuk bentuk pelayanan prima“ Berikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat karena lillahi ta’ala, pelayanan kemanusiaan berdasarkan ibadah..”, tambahnya pula.

     Sementara, Kepala Bagian TU RSUD Soreang Lia Rostini, SH selaku Ketua penyelenggara menyebutkan bahwa secara khusus, seminar ini bertujuan untuk mengembangkan tim yang solid dalam melayani pelanggan. Materi yang diberikan, mencakup bagaimana para peserta dapat memahami standar pelayanan prima, menangani keluhan pelanggan serta mengukur kepuasan pelanggan. Adapun narasumber dalam seminar ini Wulandari dan Mochamad Fahrudin dari Excel Trainning Development.

Sumber : Bagian Humas SETDA Kabupaten Bandung