Bupati Bandung Optimis 5 Besar di Porda Jabar “Semangat Asian Games Harus Menggelora pada Porda Jabar ke XIII”

Rabu, 26 September 2018

Pekan Olahraga Daerah (Porda) ke-XIII Jawa Barat akan digelar di Kabupaten Bogor tanggal 6 - 15 Oktober 2018 mendatang yang bersamaan dengan Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) Jabar ke-V. Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, SH,S.Ip.,M.Ip optimis atlet Kabupaten Bandung akan masuk 5 besar pada ajang olahraga yang diselenggarakan setiap 4 tahun sekali itu.

“Kita targetkan posisi 5 besar, menyusul ketertinggalan raihan Porda 2014 lalu di Bekasi yakni peringkat ke 7. Porda ini merupakan perhelatan besar yang melibatkan banyak cabang olahraga (Cabang Olahraga) daerah tingkat Provinsi. Ini juga harus dijadikan sebagai momentum penting untuk mengukur keberhasilan pembinaan keolahragaan tingkat daerah, khususnya di Kabupaten Bandung,” ungkap Bupati saat dikonfirmasi, Selasa (25/9/2019).

Bupati mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung sudah menyediakan fasilitas olahraga yang memadai untuk mendukung pengembangan dan pembinaan atlet. Selain untuk masyarakat luas, dukungan sarana dan infrastruktur tersebut disediakan juga untuk lebih mengasah kemampuan para atlet, yang nantinya akan mewakili daerah ke tingkat yang lebih tinggi.

“Kita punya atlet berprestasi pada ajang Asian Games kemarin, untuk PNS pada Porda Jabar XIII juga kita punya andalan atlet yang menghasilkan medali. Maka semangat berjuang, menjunjung sportivitas, fokus, optimis juga persiapan fisik dan mental harus digelorakan seperti saat ajang Asian Games,” tegasnya.

Menurut Bupati, Porda Jabar XIII 2018 sangat strategis untuk meningkatkan gairah pembangunan khususnya dibidang olahraga masyarakat. Selain menjadi ajang kompetitif para atlet daerah dan silaturahmi antar daerah di Jabar, Porda juga bisa dijadikan ajang mencari bibit atlet unggulan untuk menghadapi PON XX di Papua pada 2020 mendatang.

“Porda ini moment strategis kompetitif masyarakat dibidang olahraga, dengan menjalani semua alur persiapannya sesuai aturan. Pada Porda XIII, sebanyak 283 atlet dari 44 cabor akan bertanding dan saat ini sudah ada yang berangkat ke Bogor, untuk bertanding pada cabor terjun payung, bola tangan dan menembak besok lusa,” ujar Kepala Daerah.

Bupati berharap, selain sukses prestasi, administrasi dan penyelenggaraan, Porda ke XIII harus juga berdampak signifikan bagi peningkatan kualitas para atlet-atlet asal Kabupaten Bandung, bahkan kalau bisa lanjutnya, harus dilakukan regenerasi atlet. Supaya kemampuan atlet yang senior bisa ditularkan pada yang lebih muda, atau melalui pembinaan Koni Kabupaten Bandung.

“Saya mengimbau kepada seluruh jajaran Koni dan Pemkab Bandung untuk terus menggali dan mencari potensi-potensi atlet yang bisa diasah pada masing-masing cabor yang dipertandingkan. Selain persiapan kader, penataan manajemen pun harus lebih progresif. Karena dari sekian banyak putra putri di Kabupaten Bandung tentunya banyak yang memiliki potensi pada cabor-cabor tertentu, ini yang harus terus kita cari dan kita gali," imbaunya.
Menanggapi hal itu, Ketua Kontingen Kabupaten Bandung H. Slamet Mulyana,Sh,S.Ip.,M.Si menyebutkan, sejumlah persiapan sudah dilakukan bersama Koni Kabupaten Bandung mulai dari latihan, training, seleksi hingga kualifikasi menuju Porda ke XIII 2018.

“Persiapan sudah dilakukan bersama Koni, sebanyak 388 atlet putra dan 272 atlet putri sudah siap diikutsertakan pada ajang Porda XIII di Bogor. Semua persiapan sudah 80%, hampir semua atlet lolos babak kualifikasi. Bahkan di beberapa cabor, Kabupaten Bandung keluar sebagai juara grup,” paparnya.

Slamet Mulyana mengatakan, saat ini Koni Kabupaten Bandung terus mengevaluasi dan menginventarisir cabor yang menjadi lumbung medali, melalui pemusatan latihan yang intensif dan terpadu.

Sesuai informasi dari Koni Jabar kata dia, Porda XIII/ Peparda V Jabar akan digelar di 41 venue yang berlokasi di 5 Kecamatan. Sedangkan 12 venue lainnya akan digelar di luar Kabupaten Bogor, yaitu di Kota Bogor, Cimahi, Depok, Kabupaten Karawang dan Pangandaran, yang seluruhnya akan mempertandingkan 60 cabor.

“Sesuai informasi Koni jabar, Porda XIII akan memperebutkan 2204 medali emas, 2218 perak dan 3001 perunggu. Untuk Peparda V panitia mempersiapkan 502 medali emas, 502 perunggu dan 502 perak. Opening dan closing ceremony akan digelar di stadion Pakansari Bogor,” pungkasnya yang juga sebagai Kepada Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bandung itu.

Sumber : Humas Pemkab Bandung

BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
Sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) nomor 23 Tahun 2017,
Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bandung tahun 2018, sudah dimulai sejak bulan Sept