Anak Kabupaten Bandung ‘ Sehat, Cerdas, Ceria dan Berahlak Mulia’

Kamis, 05 April 2018

Bunda Paud Kabupaten Bandung Launching Gernas Baku

Bunda Paud Hj. Kurnia Agustina Dadang M. Naser, melaunching Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku), sebagai strategi menumbuhkan minat baca pada anak, sekaligus menjadi rangkaian acara Gebyar Himpaudi tahun 2018 di Aula Oval Miko Mall Margahayu- Bandung, Rabu (4/4).

Gernas Baku tersebut kata The Nia sapaan akrabnya, adalah suatu gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak, melalui pembiasaan di rumah, di lembaga PAUD, dan masyarakat.

“Gernas Baku adalah startegi untuk menumbuhkan minat baca pada anak, meningkatkan kemampuan komunikasi, menyampaikan ide anak, meningkatkan jiwa imajinasi, daya pikir anak, mempererat hubungan sosial emosi orangtua dan anak serta meningkatkan rasa ingin tahu pada anak,” ungkapnya dihadapan ratusan anak-anak Paud dan para orangtua.

Agenda yang dilaunching, menurut Bunda Literasi Kabupaten Bandung itu juga dianggap sangat bermakna, karena selain mengedukasi para orangtua akan pentingnya mendampingi tumbuhkembang anak, diharapkan bisa menjalin kedekatan emosional antara keduanya, sehingga membentuk karakter anak yang tangguh dan mandiri.

“Terima kasih ayah bunda sudah mau mendampingi anak-anaknya. Ini sangat bermakna untuk pertumbuhan karakter anak, bukan hanya di sekolah saja sang buah hati mendapatkan pasokan ilmu yang bermanfaat, tetapi kita dorong para orangtua untuk melakukan pengawasan, membina, memberikan kasih sayangnya serta mengarahkan potensi mereka untuk masa depan, salah satunya dengan membacakan buku untuk anak-anak,” imbuhnya.

Dari jumlah penduduk Kabupaten yang mencapai 3,6 juta jiwa ungkapnya, jumlah anak berada di kisaran 1,2 juta jiwa. Untuk itu karena setiap anak adalah unik, berbakat, kreatif dan memiliki potensinya sendiri, peran orangtua sebagai teladan harus mampu memberikan yang terbaik bagi anak-anaknya.

“Mudah-mudahan dengan gerakan yang masif ini, dari mulai desa, kecamatan, kelurahan, kabupaten hingga lebih luas lagi, akan menjadi pembangunan karakter manusia. Semua harus bergerak dan berperan, memberikan support. Untuk Dinas Pendidikan, program seperti ini harus terus digerakan karena seperti yang dilagukan tadi, buku adalah gudang ilmu, dengan membaca akan menambah pengetahuan, bahkan bercerita tentang dunia berserta isinya,” ujar Bunda Literasi usai bernyayi bersama anak-anak PAUD se Kabupaten Bandung itu.

Bunda literasi berpesan, agenda yang mendukung keberpihakan terhadap pemenuhan hak anak seperti itu harus terus dilakukan. Jika ingin generasi cemerlang, semua harus berbuat khususnya para orangtua.

“Kegiatan mendukung keberpihakan pada hak anak dan program literasi harus dilakukan juga di seluruh Kecamatan. Anak Kabupaten Bandung harus sehat, cerdas, ceria dan berahlak mulia. Selain itu para orangtua harus tahu hak anak yang wajib didapat yakni bermain, pendidikan, perlindungan, nama, kebangsaan, makanan, kesehatan, rekreasi, kebersamaan dan peran dalam pembangunan,” paparnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Dr. H. Juhana.,M.Mpd menyampaikan pesan, bahwa Proses pendidikan jangan melupakan 3 hal yakni pembentukan karakter baik pribadi maupun kinerja, kompetensi seperti berfikir kritis, kreativitas, komunikasi dan kolaborasi serta jangan lupa untuk beradaptasi terhadap era kekinian untuk hal yang berhubungan dengan literasi.

“Disdik akan meluncurkan buku-buku bacaan orangtua, untuk dibacakan kepada anak-anaknya. Juga atas dukungan bunda literasi untuk mencerdaskan anak-anak di Kabupaten Bandung. Ayo sabilulungan kita Satu hari, satu aksi dan dedikasi untuk mensukseskan germas baku pada 5 mei 2018 nanti,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu pula, gebyar Himpaudi 2018 diikuti sedikitnya 600 anak Paud yang mengikuti berbagai perlombaan seperti mewarna, menggambar, mendongeng, tari tradisional dan tahfiz cilik. Turut hadir Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Tri Heru Setiati,SH,S.P1, Ketua PGRI, Camat Margahayu, Para Penilik, Pokja 2 TP.PKK

Sumber : Press Release Kominfo Setda

BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
Rangkaian Millenial Road Safety Festival (MRSF) 2019, yang ditandai dengan Pataka Relay, kali ini be
Adanya sedimentasi dan penyempitan di bagian hilir Sungai Cilember di Kelurahan Melong dan Cimahi Te