12.741 Pendaftar CPNS, Lolos Seleksi Administrasi

Jumat, 20 Desember 2019

Sebanyak 12.741 orang dari 15.711 pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), lolos tahap seleksi administrasi. Belasan ribu pendaftar itu akan memperebutkan 309 formasi yang disediakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung.

Hal tersebut terungkap saat acara Penyerahan dan Penyematan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Pemkab Bandung, yang berlangsung di Hotel Sutan Raja Soreang, Rabu (18/12/2019).

Bupati Bandung H. Dadang M. Naser mengungkap, profesi PNS masih banyak diminati masyarakat. Terbukti dari banyaknya pendaftar dalam setiap penyelenggaraan seleksi CPNS di berbagai wilayah, khususnya di Kabupaten Bandung.

“12 ribuan pendaftar yang lolos seleksi administrasi ini, akan terus menempuh seleksi secara ketat, terbuka dan transparan. Saya ingatkan kepada masyarakat, untuk berhati-hati terhadap pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan, di luar jalur yang sudah ditetapkan,” tegas Bupati Dadang Naser.

Ia mengimbau jajarannya, untuk melaporkan jika ditemukan adanya permainan dalam seleksi CPNS di daerahnya. Karena disinyalir, masih banyak masyarakat yang percaya bisa lolos menjadi CPNS menggunakan pelicin.

“Kalau ada yang menjanjikan kelulusan, oknum itu hanya nguseup (mancing). Nitip berkas lalu transfer sejumlah uang, kalau tidak lulus uang kembali. Padahal saat lulus itu sesuai kemampuan pendaftar, bukan jasanya si oknum,” imbuh bupati.

Profesi PNS yang masih menjadi primadona masyarakat, harus menjadi gambaran bagi mereka yang sudah menjadi PNS untuk meningkatkan kedisiplinan. Ia pun mengapresiasi para PNS yang mendapatkan penghargaan Satyalancana Karya Satya saat itu.

“Saya ucapkan terimakasih atas prestasi, dedikasi dan loyalitas, yang diberikan kepada negara dan pemerintah. 10, 20 dan 30 tahun pengabdian, niatkan sebagai jihad dan perjuangan saudara, semoga dicatat sebagai amal ibadah di akhirat nanti, Aamiin,” tutup Dadang Naser.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung H. Wawan A. Ridwan menyebutkan, kali ini Satyalancana Karya Satya diberikan kepada 257 PNS di Lingkungan Pemkab Bandung.

“Sebanyak 170 orang PNS untuk pengabdian 10 tahun, 45 orang pengabdian 20 tahun dan 42 orang PNS yang telah mengabdi selama 30 tahun,” sebut Wawan Ridwan.

257 PNS itu, sudah diajukan menerima penghargaan sejak tahun 2018 dan disampaikan di akhir 2019. Sebanyak empat orang PNS di luar jumlah tersebut, telah masuk masa pensiun dan satu orang meninggal dunia

Tanda kehormatan tersebut, ujar Wawan, tidak serta merta diterima ASN melalui lama pengabdiannya masing-masing. “Persyaratannya tidak sederhana, ada syarat administrasi dilengkapi, yang terpenting ada pernyataan dari pimpinan masing-masing, Bahwa yang bersangkutan antara lain memiliki loyalitas, integritas, prestasi kerja, serta tidak pernah tercatat mendapatkan hukuman indisipliner,” terangnya.

Camat Cangkuang Yudi Ahmad Fadillah, yang kali ini mendapatkan Satyalancana Karya Satya untuk pengabdian 30 tahun, merasa senang dan bangga atas pengakuan dan apresiasi yang diberikan pemerintah. “Mudah-mudahan di sisa usia menuju pensiun, anugerah ini menjadi motivasi bagi diri saya pribadi. Terutama untuk lebih memacu ke arah yang lebih baik dalam kinerja, performance, produktivitas tinggi, dan bisa melakukan kerja yang baik dan benar sebagai pelayan publik,” ucap Yudi.

Sumber: Humas Pemkab Bandung

BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
Sebesar 70% atau 3.026 dari 4.299 pos pelayanan terpadu (posyandu) di Kabupaten Bandung, berstrata m
Akselerasi pembangunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung tidak terlepas dari peran serta unsur p